IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SEKOLAH PENGGERAK

Penulis

  • Seni Asiati SMP Negeri 231
  • Uswatun Hasanah

DOI:

https://doi.org/10.54124/jlmp.v19i2.78

Kata Kunci:

Implementasi, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Sekolah Penggerak.

Abstrak

Kurikulum Merdeka memiliki perbedaan dibandingkan dengan Kurikulum 2013, yaitu terdapat Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Projek ini merupakan pendukung kegiatan intrakurikuler yang memiliki tujuan akhir tidak hanya peningkatan kompetensi tapi membangun dan meningkatkan karakater peserta didik sebagai Profil Pelajar Pancasila melalui projek yang mengangkat isu ataupun permasalahan yang ada di lingkungan sekitar.Saat ini, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila telah wajib dilaksanakan oleh Sekolah Penggerak. Pada tahun 2021 terdapat 54 Sekolah Penggerak yang seharusnya telah melaksanakan projek tersebut. Oleh karena itu penelitian ini ingin melihat sejauh mana tahapan  implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada Sekolah Penggerak, kendala yang menghambat implementasi projek dan memberikan solusi permasalahan implementasi projek dengan cara survei melalui instrument mengenai implementasi yang dilakukan.

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Uswatun Hasanah

Nama               : Seni Asiati, M.Pd

Lahir                : Cipanas, 10 Maret 1969

Rumah             : Jalan. Sungai Kendal No.109 Rorotan Cilincing Jakarta Utara

Pendidikan      : S2 Pendidikan Bahasa Indonesia

 

Riwayat pekerjaan:

Guru  SMPN 231 Jakarta

Guru SMA/SMK Yappenda Jakarta

Dosen Bahasa Indonesia Politeknik Negeri  Media Kreatif Jakarta

Dosen Bahasa Indonesia STIKES Mitra Keluarga

 

Pengalaman Organisasi

Sekretaris Umum Himpunan Pembina Bahasa Indonesia

Sekretaris Umum Forum Komunikasi Pelaku perbukuan

Ketua Divisi Humas Keluarga Alumni Program Persahabatan Indonesia-Jepang Abad 21 (Kappija 21)

 

Karya Buku Pelajaran

  1. Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi (Polimedia Publishing)
  2. Pelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks (Polimedia Publishing)
  3. Piawai Berbahasa Indonesia (Literasi untuk semua)
  4. Buku Bahan Pengajaran ASEAN Kerjasama Kemenlu dan kemendikbud
  5. Bahan Model Pengajaran Bahasa Indonesia (Badan Bahasa)
  6. Buku tematik SD Kelas 1 dan 2 Kurikulum 2013
  7. Modul Bahasa Indonesia untuk SMP Kemendikbud

Buku Fiksi

  1. Buku seri cerita anak: Ketika Beni Beruang Marah
  2. Buku seri cerita anak: Beni Sakit Gigi
  3. Novel : Bapak, Nara, Langit akan Terbang, Malaikat yang Berjiwa
  4. Kumpulan Cerpen “Ramai”

Karier

  1. Narasumber dan Mitra Bestari Penulisan Jurnal Ilmiah LPMP DKI Jakarta
  2. Instruktur Literasi Nasional (Baca Tulis ) Badan Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Kemdikbud
  3. Instruktur Literasi Sastra Digital Nasional Badan Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Kemdikbud
  4. Editor Buku Teks Pusbuk Kemdikbud 2013 - 2021
  5. Penilai Buku Pelajaran Pusbuk Kemdikbud
  6. Kurator BDR TVRI Pusmenjar Kemdikbud
  7. Narasumber Kurikulum  Merdeka dan AKM Generasi Cerdas Indonesia
  8. Kurator Kurikulum KTSP Puskurbuk Kemdikbud

Referensi

Ade Mubarok, N. T. A. S. S. (n.d.). Analisis Kepuasan Pengguna Layanan Google-Forms Sebagai Media Survey Online Menggunakan Delone & Mclean. Retrieved September 5, 2022, from https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ji/article/view/7967

Adhi Kusumastuti, P. (n.d.). Metode Penelitian Kuantitatif (Pertama). Deeppublish. Retrieved September 10, 2022, from https://www.google.co.id/books/edition/Metode_Penelitian_Kuantitatif/Zw8REAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=Penelitian+kuantitatif&printsec=frontcover

Andriani Safitri, D. W. Y. T. H. (n.d.). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Sebuah Orientasi Baru Pendidikan dalam Meningkatkan Karakter Siswa Indonesia.

E. Mulyasa. (2013). Pengembangan dan implentasi pemikiran kurikulum: Vol. IV (Anang Solihin Wardan (ed.); IV). Remaja Rosdakarya.

Halidjah, S., & Hartoyo, A. (2022). Sinergi Peserta Didik dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. 6(5), 7840–7849.

Iwan Hermawan, S. A. . M. P. . (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan (Cici Sri Rahayu (ed.); Pertama). Hidyatul Quran. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=Vja4DwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP10&dq=penelitian+mixed-method+&ots=XvHkqZYalr&sig=-048oudH9aUjgGMeXapX54ClMmc&redir_esc=y#v=onepage&q=penelitian mixed-method&f=false

Kemendikbud. (n.d.). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Retrieved August 31, 2022, from https://roren.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2021/03/SALINAN-PERMENDIKBUD-22-TAHUN-2020.pdf

Kemendikbud. (2021). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. In Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. http://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/profil-pelajar-pancasila

Kemendikbudristek. (2021). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1–108.

Kemendikbudristek. (2022). Penguatan Profil Pelajar Pancasila. 9(1), 46–57.

Morissan MA. (2018). Metode Penelitian Survei. https://books.google.co.id/books?id=LhZNDwAAQBAJ&lpg=PA233&ots=_IYXSZBx0X&dq=metode survei menurut para ahli&lr&hl=id&pg=PA233#v=onepage&q=metode survei menurut para ahli&f=false

Munawar, M. (2022). Penguatan Komite Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pendidikan Anak Usia Dini. Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 65–72. https://doi.org/10.35878/tintaemas.v1i1.390

Ninla Elmawati Falabiba, Anggaran, A., W. M., Hassanin, A., Supervised, A., Wiyono, B. ., Falabiba, N. E., Zhang, Y. J., Li, Y., & Chen, X. (2014). Kolaborasi Terpusat Pendidikan Dalam Penataan Budaya Sekolah Berbasis Pembudayaan Nilai Pancasila Untuk Membangun Siswa Berkarakter. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 5(2), 40–51.

Nisa, Z. (2022). Pembelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Smp Al-Falah Deltasari Sidoarjo Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Novera, E., Daharnis, D., Yeni, E., & Ahmad, F. (2021). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Sebuah Orientasi Baru Pendidikan dalam Meningkatkan Karakter Siswa Indonesia. Jurnal Basicedu, 5(6), 6349_6356.

Nugrahani, F. (n.d.). Penelitian kuantitatif.

Pendidikan Dasar dan Menengah, J., Asesmen dan Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, P., & Teknologi Jakarta, dan. (n.d.). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Retrieved August 31, 2022, from https://kurikulum.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2022/06/Panduan-Penguatan-Projek-Profil-Pancasila.pdf

Prof. Dr. Bambang Sugeng, M. A. M. M. (2022). Fundamental Metodologi Penelitian Kuantitatif (Vol. 1). Deepublish. https://www.google.co.id/books/edition/Fundamental_Metodologi_Penelitian_Kuanti/T6RjEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=peruntukan+Penelitian+kuantitatif&pg=PA382&printsec=frontcover

Rachmawati, N. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/2714

Salinan Permendikbud No 22 Tahun 2020. (n.d.).

Sari, Z. A. A., Nurasiah, I., Lyesmaya, D., Nasihin, N., & Hasanudin, H. (2022). Wayang Sukuraga: Media Pengembangan Karakter Menuju Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(3), 3526–3535. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=Vja4DwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP10&dq=penelitian+mixed-method+&ots=XvHkqZYalr&sig=-048oudH9aUjgGMeXapX54ClMmc&redir_esc=y#v=onepage&q=penelitian mixed-method&f=false

Shilviana, K., & Hamami, T. (2020). Pengembangan Kegiatan Kokurikuler dan Ekstrakurikuler. Palapa, 8(1), 159–177. https://doi.org/10.36088/palapa.v8i1.705

SK-Dirjen-Penetapan-Prog-SP (1). (n.d.).

usman nurdin. (2012). Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum (Cetakan 2). Grasindo.

Wahyu Adityo Projo. (n.d.). Apa itu Sekolah Penggerak? Ini Penjelasan Nadiem Makariem.

Unduhan

Diterbitkan

23-12-2022

Cara Mengutip

Asiati, Seni, dan Uswatun Hasanah. “IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SEKOLAH PENGGERAK”. Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan 19, no. 2 (Desember 23, 2022): 61–72. Diakses September 9, 2024. https://jlmp.kemdikbud.go.id/index.php/jlmp/article/view/78.