IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SEKOLAH PENGGERAK
DOI:
https://doi.org/10.54124/jlmp.v19i2.78Kata Kunci:
Implementasi, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Sekolah Penggerak.Abstrak
Kurikulum Merdeka memiliki perbedaan dibandingkan dengan Kurikulum 2013, yaitu terdapat Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Projek ini merupakan pendukung kegiatan intrakurikuler yang memiliki tujuan akhir tidak hanya peningkatan kompetensi tapi membangun dan meningkatkan karakater peserta didik sebagai Profil Pelajar Pancasila melalui projek yang mengangkat isu ataupun permasalahan yang ada di lingkungan sekitar.Saat ini, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila telah wajib dilaksanakan oleh Sekolah Penggerak. Pada tahun 2021 terdapat 54 Sekolah Penggerak yang seharusnya telah melaksanakan projek tersebut. Oleh karena itu penelitian ini ingin melihat sejauh mana tahapan implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada Sekolah Penggerak, kendala yang menghambat implementasi projek dan memberikan solusi permasalahan implementasi projek dengan cara survei melalui instrument mengenai implementasi yang dilakukan.
Unduhan
Referensi
Ade Mubarok, N. T. A. S. S. (n.d.). Analisis Kepuasan Pengguna Layanan Google-Forms Sebagai Media Survey Online Menggunakan Delone & Mclean. Retrieved September 5, 2022, from https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ji/article/view/7967
Adhi Kusumastuti, P. (n.d.). Metode Penelitian Kuantitatif (Pertama). Deeppublish. Retrieved September 10, 2022, from https://www.google.co.id/books/edition/Metode_Penelitian_Kuantitatif/Zw8REAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=Penelitian+kuantitatif&printsec=frontcover
Andriani Safitri, D. W. Y. T. H. (n.d.). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Sebuah Orientasi Baru Pendidikan dalam Meningkatkan Karakter Siswa Indonesia.
E. Mulyasa. (2013). Pengembangan dan implentasi pemikiran kurikulum: Vol. IV (Anang Solihin Wardan (ed.); IV). Remaja Rosdakarya.
Halidjah, S., & Hartoyo, A. (2022). Sinergi Peserta Didik dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. 6(5), 7840–7849.
Iwan Hermawan, S. A. . M. P. . (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan (Cici Sri Rahayu (ed.); Pertama). Hidyatul Quran. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=Vja4DwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP10&dq=penelitian+mixed-method+&ots=XvHkqZYalr&sig=-048oudH9aUjgGMeXapX54ClMmc&redir_esc=y#v=onepage&q=penelitian mixed-method&f=false
Kemendikbud. (n.d.). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Retrieved August 31, 2022, from https://roren.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2021/03/SALINAN-PERMENDIKBUD-22-TAHUN-2020.pdf
Kemendikbud. (2021). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. In Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. http://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/profil-pelajar-pancasila
Kemendikbudristek. (2021). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1–108.
Kemendikbudristek. (2022). Penguatan Profil Pelajar Pancasila. 9(1), 46–57.
Morissan MA. (2018). Metode Penelitian Survei. https://books.google.co.id/books?id=LhZNDwAAQBAJ&lpg=PA233&ots=_IYXSZBx0X&dq=metode survei menurut para ahli&lr&hl=id&pg=PA233#v=onepage&q=metode survei menurut para ahli&f=false
Munawar, M. (2022). Penguatan Komite Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pendidikan Anak Usia Dini. Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 65–72. https://doi.org/10.35878/tintaemas.v1i1.390
Ninla Elmawati Falabiba, Anggaran, A., W. M., Hassanin, A., Supervised, A., Wiyono, B. ., Falabiba, N. E., Zhang, Y. J., Li, Y., & Chen, X. (2014). Kolaborasi Terpusat Pendidikan Dalam Penataan Budaya Sekolah Berbasis Pembudayaan Nilai Pancasila Untuk Membangun Siswa Berkarakter. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 5(2), 40–51.
Nisa, Z. (2022). Pembelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Smp Al-Falah Deltasari Sidoarjo Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.
Novera, E., Daharnis, D., Yeni, E., & Ahmad, F. (2021). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Sebuah Orientasi Baru Pendidikan dalam Meningkatkan Karakter Siswa Indonesia. Jurnal Basicedu, 5(6), 6349_6356.
Nugrahani, F. (n.d.). Penelitian kuantitatif.
Pendidikan Dasar dan Menengah, J., Asesmen dan Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, P., & Teknologi Jakarta, dan. (n.d.). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Retrieved August 31, 2022, from https://kurikulum.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2022/06/Panduan-Penguatan-Projek-Profil-Pancasila.pdf
Prof. Dr. Bambang Sugeng, M. A. M. M. (2022). Fundamental Metodologi Penelitian Kuantitatif (Vol. 1). Deepublish. https://www.google.co.id/books/edition/Fundamental_Metodologi_Penelitian_Kuanti/T6RjEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=peruntukan+Penelitian+kuantitatif&pg=PA382&printsec=frontcover
Rachmawati, N. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/2714
Salinan Permendikbud No 22 Tahun 2020. (n.d.).
Sari, Z. A. A., Nurasiah, I., Lyesmaya, D., Nasihin, N., & Hasanudin, H. (2022). Wayang Sukuraga: Media Pengembangan Karakter Menuju Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(3), 3526–3535. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=Vja4DwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP10&dq=penelitian+mixed-method+&ots=XvHkqZYalr&sig=-048oudH9aUjgGMeXapX54ClMmc&redir_esc=y#v=onepage&q=penelitian mixed-method&f=false
Shilviana, K., & Hamami, T. (2020). Pengembangan Kegiatan Kokurikuler dan Ekstrakurikuler. Palapa, 8(1), 159–177. https://doi.org/10.36088/palapa.v8i1.705
SK-Dirjen-Penetapan-Prog-SP (1). (n.d.).
usman nurdin. (2012). Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum (Cetakan 2). Grasindo.
Wahyu Adityo Projo. (n.d.). Apa itu Sekolah Penggerak? Ini Penjelasan Nadiem Makariem.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
-
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
-
NonCommercial — You may not use the material for commercial purposes.
-
NoDerivatives — If you remix, transform, or build upon the material, you may not distribute the modified material.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.