Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan https://jlmp.kemdikbud.go.id/index.php/jlmp <p>Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan (JLMP) diterbitkan sejak April 2008 oleh Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi DKI Jakarta. JLMP merupakan jurnal <em>open source</em> yang menerapkan prinsip peer-review dalam pengelolaan naskah. JLMP mengundang para penulis dari berbagai kalangan untuk mengirimkan naskah terbaik di bidang pendidikan. Naskah yang dikirimkan harus dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar dengan abstrak dalam 2 bahasa yaitu Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia, yang kemudian dilanjutkan proses review dengan minimal 2 orang reviewer.</p> <p>Penulis yang ingin mempublikasikan artikel di JLMP harus memahami aturan penulisan yang berlaku di JLMP serta menggunakan template yang telah disediakan. Penulis juga harus memperhatikan standar minimal kualitas artikel serta memperhatikan batas akhir pengiriman naskah sesuai waktu penerbitan. Seluruh proses pengelolaan naskah akan dilakukan secara online melalui OJS (Open Journal System). Penulis diminta untuk selalu memperhatikan status naskah yang dikirimkan agar dapat diproses tepat waktu.</p> <p>Naskah yang dipublikasi di JLMP dapat juga diakses secara bebas melalui pengindeks Google Schoolar.</p> <p><strong>Pembina dan penanggung jawab</strong> : Kepala BPMP Provinsi DKI Jakarta</p> <p><strong>Jurnal ini diterbitkan oleh</strong> : Balai Penjaminan Mutu (BPMP) Provinsi DKI Jakarta</p> id-ID <div id="deed-conditions" class="row"> <ul class="license-properties col-md-offset-2 col-md-8" dir="ltr"> <li class="license by"> <p><strong>Attribution</strong> — You must give <a id="appropriate_credit_popup" class="helpLink" tabindex="0" title="" href="https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/" data-original-title="">appropriate credit</a>, provide a link to the license, and <a id="indicate_changes_popup" class="helpLink" tabindex="0" title="" href="https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/" data-original-title="">indicate if changes were made</a>. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.<span id="by-more-container"></span></p> </li> <li class="license nc"> <p><strong>NonCommercial</strong> — You may not use the material for <a id="commercial_purposes_popup" class="helpLink" tabindex="0" title="" href="https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/" data-original-title="">commercial purposes</a>.<span id="nc-more-container"></span></p> </li> <li class="license nd"> <p><strong>NoDerivatives</strong> — If you <a id="some_kinds_of_mods_popup" class="helpLink" tabindex="0" title="" href="https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/" data-original-title="">remix, transform, or build upon</a> the material, you may not distribute the modified material.<span id="nd-more-container"></span></p> </li> </ul> </div> <div class="row"> <ul id="deed-conditions-no-icons" class="col-md-offset-2 col-md-8"> <li class="license"><strong>No additional restrictions</strong> — You may not apply legal terms or <a id="technological_measures_popup" class="helpLink" tabindex="0" title="" href="https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/" data-original-title="">technological measures</a> that legally restrict others from doing anything the license permits.</li> </ul> </div> leo.eduresearch@gmail.com (Dr. Leonard, M.Pd.) diniagustina19@dikbud.belajar.id (Dini Agustina, S.Ikom., M.I.Kom.) Mon, 30 Dec 2024 22:10:28 +0700 OJS 3.3.0.6 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH https://jlmp.kemdikbud.go.id/index.php/jlmp/article/view/115 <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar muatan pelajaran IPS melalui model pembelajaran <em>make a match</em> pada siswa kelas VI SD Negeri Bleber 1 tahun ajaran 2022/2023. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri Bleber 1 Prambanan yang beralamat di Karanggede, Sumberharjo, Prambanan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang berlangsung selama dua siklus, masing-masing siklus dua kali pertemuan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar obervasi dan tes tertulis. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriftif kualitatif peningkatan hasil belajar IPS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri Bleber 1. Hal ini terlihat dari persentasi keterlaksanaan pembelajaran oleh guru pada siklus I sebesar 71,4% dan termasuk kriteria “Baik”. Pada siklus II meningkat menjadi 91,1% dan termasuk kriteria “Sangat Baik”. Hasil belajar pre tes rata-rata kelas muatan pelajaran IPS 55. Pada siklus I rata-rata kelas muatan pelajaran IPS meningkat menjadi 74,3. Pada siklus II rata-rata kelas muatan pelajaran IPS meningkat menjadi 80. Hasil ketuntasan belajar pre tes jumlah siswa yang tuntas sebanyak 9 siswa (30%). Pada siklus I, jumlah siswa yang tuntas meningkat 17 siswa (40%) menjadi 21 siswa (70%). Pada siklus II, jumlah siswa yang tuntas meningkat 4 siswa (13%) menjadi 25 (83%). Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran make a match dapat meingkatkan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri Bleber 1 tahun ajaran 2022/2023</p> suhartati suhartati, Ali Munawar Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 https://jlmp.kemdikbud.go.id/index.php/jlmp/article/view/115 Mon, 30 Dec 2024 00:00:00 +0700 PENDEKATAN PENGELOLAAN KEUANGAN SEKOLAH MENENGAH ATAS DALAM UPAYA MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN https://jlmp.kemdikbud.go.id/index.php/jlmp/article/view/146 <p><em>Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pendekatan pengelolaan keuangan sekolah yang dapat meningkatkan kualitas pendidikan. Metode yang digunakan adalah kualitatif, dengan lokasi penelitian di SMA Muhammadiyah Mlati. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model analisis interaktif, yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk memastikan keabsahan data, peneliti melakukan triangulasi dan mengacu pada referensi lain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan keuangan sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan di SMA Muhammadiyah Mlati melibatkan tujuh tahap, yaitu: (1) mengadakan rapat di awal tahun ajaran; (2) merumuskan program; (3) menyusun anggaran; (4) melaksanakan musyawarah revisi; (5) melakukan evaluasi hasil; (6) memberikan masukan; dan (7) menyusun Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah (RAPBS).</em></p> Deny Hadi Siswanto, Noor Fatimah Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 https://jlmp.kemdikbud.go.id/index.php/jlmp/article/view/146 Mon, 30 Dec 2024 00:00:00 +0700 GERAKAN LITERASI SEKOLAH TUMBUHKAN KETERAMPILAN ABAD KE-21 https://jlmp.kemdikbud.go.id/index.php/jlmp/article/view/151 <p><em>Kegiatan literasi yang dilaksanakan di MTsN 28 Jakarta belum mengakomodir kemampuan siswa dalam mengambil kesimpulan hasil bacaan, menulis dan berbicara. </em><em>Seiring kemajuan teknologi, tujuan kegiatan literasi mengalami perkembangan </em><em>selaras dengan </em><em>tujuan pendidikan yang mengarah pada keterampilan abad ke-21, penguasaan literasi digital, dan karakter. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bentuk-bentuk pengembangan kegiatan literasi di MTs Negeri 28 Jakarta dan dampaknya terhadap keterampilan Abad ke-21. </em><em>Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan subjek penelitian berjumlah 540 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan wawancara. Data kualitatif dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan framework teknik analisis data yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Perkembangan kegiatan literasi dikatakan berdampak jika terjadi peningkatan jumlah atau mencapai minimal 75% siswa &nbsp;yang terlibat dan berkontribusi Hasil penelitian menyimpulkan bahwa bentuk pelaksanaan kegiatan literasi di MTs Negeri 28 Jakarta dilakukan dengan pembiasaan membaca 15 menit sebelum pelajaran dimulai, membuat mading kelas, mengadakan festival literasi, mengadakan penggung literasi pagi, penyusunan buku antologi cerpen dan puisi, penyusunan proposal penelitian, dan pemanfaatan web sebagai media literasi digital. Kegiatan literasi yang dilakukan dapat menumbuhkan keterampilan Abad ke-21, penguasaan literasi digital dan karakter. </em></p> Erna Sari Agusta, Susiah Budiarti Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 https://jlmp.kemdikbud.go.id/index.php/jlmp/article/view/151 Mon, 30 Dec 2024 00:00:00 +0700 PEMANFAATAN PLATFORM MERDEKA MENGAJAR SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN GURU DI PROVINSI BANTEN https://jlmp.kemdikbud.go.id/index.php/jlmp/article/view/148 <p>Kualitas pembelajaran yang efektif merupakan salah satu faktor penting dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Platform Merdeka Mengajar (PMM), yang dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, memberikan solusi digital untuk mendukung pengembangan kompetensi guru melalui berbagai fitur yang inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan PMM oleh guru sebagai upaya meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi pada guru-guru sekolah dasar dan menengah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PMM memberikan dampak positif terhadap peningkatan kemampuan guru dalam merancang pembelajaran, evaluasi siswa, dan pengembangan profesional berkelanjutan, Penelitian ini juga mendasarkan temuan pada teori pembelajaran konstruktivis, teknologi pendidikan, dan konsep pengembangan profesional berkelanjutan (continuous professional development).</p> Endang Setiariny, Sodiyah Sanmarwi Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 https://jlmp.kemdikbud.go.id/index.php/jlmp/article/view/148 Mon, 30 Dec 2024 00:00:00 +0700 PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM PROSES PEMBELAJARAN PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPS https://jlmp.kemdikbud.go.id/index.php/jlmp/article/view/138 <p>Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui implementasi metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam proses pembelajaran peserta didik pada mata pelajaran IPS di Kelas VI MI Mutmainnatul qulub. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Tekhnik penelitian ini menggunakan observasi serta wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode ini membuat peserta didik menjadi lebih aktif dalam proses pembelajaran dibandingkan dengan penerapan metode ceramah. Selain itu penerapan metode jigsaw ini dapat meningkatkan rasa tanggung jawab yang tinggi para peserta didik karena para peserta didik memiliki peranan yang cukup penting dalam menyelesaikan tugas kelompoknya.</p> AKHMAD RAKHMAN, Yeni Handayani, Ahmad Bakhtiar Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 https://jlmp.kemdikbud.go.id/index.php/jlmp/article/view/138 Mon, 30 Dec 2024 00:00:00 +0700 PENGARUH KECERDASAN INTRAPERSONAL DAN KONSEP DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA https://jlmp.kemdikbud.go.id/index.php/jlmp/article/view/119 <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh kecerdasan intrapersonal dan konsep diri terhadap prestasi belajar matematika; (2) pengaruh kecerdasan intrapersonal terhadap prsetasi belajar matematika; (3) pengaruh konsep diri terhadap prestasi belajar matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan menggunakan analisis deskriptif. Sampel diperoleh dengan menggunakan teknik Non Probability Sampling sebanyak 62 peserta didik dari peserta didik kelas X SMK PGRI 2 Depok. Analisis data terdiri dari analisis deskriptif, uji persyaratan analisis data, dan pengujian hipotesis. Uji persyaratan analisis data yang digunakan, yaitu uji normalitas, uji linearitas, dan uji multikolinearitas. Hasil uji hipotesis dengan taraf signifikan 5% atau α = 0,05, yaitu (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara kecerdasan intrapersonal dan konsep diri terhadap prestasi belajar matematika. (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara kecerdasan intrapersonal terhadap prestasi belajar matematika. (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara konsep diri terhadap prestasi belajar matematika.</p> Christin Monica, Leonard Leonard Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 https://jlmp.kemdikbud.go.id/index.php/jlmp/article/view/119 Mon, 30 Dec 2024 00:00:00 +0700