PEMANFAATAN PLATFORM MERDEKA MENGAJAR SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN
DOI:
https://doi.org/10.54124/jlmp.v20i1.81Kata Kunci:
Platform Merdeka Mengajar, Merdeka Mengajar Dan Kualitas PembelajaranAbstrak
Penelitian ini merupakan penelitian jenis deskriptif kuantitatif, yang dilaksanakan pada bulan April sampai dengan September memiliki sasaran populasi pada Sekolah Penggerak Angkatan 1 di wilayah Jakarta Timur dan Wilayah Jakarta Selatan di Provinsi DKI Jakarta untuk tiap jenjang (PAUD, SD, SLB, SMP dan SMA) yang berjumlah 55 sekolah. Sampel diambil sebanyak 10 sekolah masing masing 1 (satu) untuk tiap jenjang di willayah tersebut. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner dengan menggunakan skala likert melalui sistem daring. Tujuan dan manfaat penelitian dimaksudkan untuk: 1) Bahan bagi kepala sekolah dalam upaya untuk dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di satuan pendidikannya sehingga dapat berpartisipasi bersama warga sekolah meningkatkan mutu pendidikan 2) Bahan masukan bagi kepala sekolah untuk memotivasi partisipatif memanfaatkan Platform Merdeka Mengajar pada satuan pendidikannya 3). bahan inspiratif para pembaca yang peduli terhadap pendidikan untuk mendukung tercapainya tujuan pendidikan nasional yang ditunjukkan dengan dukungan terhadap usaha peningkatan kualitas pembelajaran pemanfaatan platform merdeka mengajar.
Unduhan
Referensi
Andriani, W., Subandowo, M., Karyono, H., & Gunawan, W. 2021. Learning Loss dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Corona. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran Universitas Negeri Malang, 1(1), 485–501. http://snastep.com/proceeding/index.php/snastep/index
Buku Saku Tanya Jawab Kurikulum Merdeka. 2020
Ditjen Dikti Kemdikbud. (2011). Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Pendidik dan Tenaga Kependidikan.
Didik Prasetyo. (2013). “Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Perilaku Belajar Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Brawijaya”.
Haryati, Titik dan Noor Rochman. 2012. Peningkatan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Praktik Belajar Kewarganegaraan (Project Citizen). Jurnal Ilmiah CIVIS. Vol. 2, No.2. Tahun 2012.
Annisa, N. (2022). Pelaksanaan Tugas Pokok Pengawas Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Implementation of the principal duties of school supervisors in improving the quality of learning.
Purba, A., Widyastuti, A., Soesana, A., Salamun, S., Suesilowati, S., Lestari, R., ... & Simarmata, J. (2022). Strategi Pembelajaran (Suatu Pengantar). Yayasan Kita Menulis.
Rubini, R. (2022). Pemikiran Pendidikan Karakter Anak (Sebuah Gagasan Besar Al-Zarnuji dan John Locke) (Vol. 1). Academia Publication.
Suroyo, Bima Maulana Putra, Bedriati Ibrahim, Y. (2021). Proceeding International Conference onIslamic Education, 33(0).1-14.
Suyanto dan M.S. Abbas. 2001. Wajah dan Dinamika Pendidikan Anak Bangsa, Yogyakarta, Adicita Karya Nusa.
SSN: 2614-6754 (print) ISSN: 2614-3097(online) Halaman 11227-11231 Volume 6 Nomor 2 Tahun 2022 Jurnal Pendidikan Tambusai 11230
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
UNO, Hamzah B., et al. (2022). Landasan Pendidikan. Bumi Aksara
https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/715/1/SHIMA%20DEWI%20FAUZIAH.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
-
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
-
NonCommercial — You may not use the material for commercial purposes.
-
NoDerivatives — If you remix, transform, or build upon the material, you may not distribute the modified material.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.