PEMANFAATAN PLATFORM MERDEKA MENGAJAR SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN

Penulis

  • Endang Setiariny LPMP DKI Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.54124/jlmp.v20i1.81

Kata Kunci:

Platform Merdeka Mengajar, Merdeka Mengajar Dan Kualitas Pembelajaran

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian jenis deskriptif kuantitatif, yang dilaksanakan pada bulan April sampai dengan September memiliki sasaran populasi pada Sekolah Penggerak Angkatan 1 di wilayah Jakarta Timur dan Wilayah Jakarta Selatan di Provinsi DKI Jakarta untuk tiap jenjang (PAUD, SD, SLB, SMP dan SMA) yang berjumlah 55 sekolah. Sampel diambil sebanyak 10 sekolah masing masing 1 (satu) untuk tiap jenjang di willayah tersebut. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner dengan menggunakan skala likert melalui sistem daring. Tujuan dan manfaat penelitian dimaksudkan untuk: 1) Bahan bagi kepala sekolah dalam upaya untuk dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di satuan pendidikannya sehingga dapat berpartisipasi bersama warga sekolah meningkatkan mutu pendidikan 2) Bahan masukan bagi kepala sekolah untuk memotivasi partisipatif  memanfaatkan Platform Merdeka Mengajar pada satuan pendidikannya 3). bahan inspiratif para pembaca yang peduli terhadap pendidikan untuk mendukung tercapainya tujuan pendidikan nasional yang ditunjukkan dengan dukungan terhadap usaha peningkatan kualitas pembelajaran pemanfaatan platform merdeka mengajar.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Andriani, W., Subandowo, M., Karyono, H., & Gunawan, W. 2021. Learning Loss dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Corona. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran Universitas Negeri Malang, 1(1), 485–501. http://snastep.com/proceeding/index.php/snastep/index

Buku Saku Tanya Jawab Kurikulum Merdeka. 2020

Ditjen Dikti Kemdikbud. (2011). Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Pendidik dan Tenaga Kependidikan.

Didik Prasetyo. (2013). “Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Perilaku Belajar Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Brawijaya”.

Haryati, Titik dan Noor Rochman. 2012. Peningkatan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Praktik Belajar Kewarganegaraan (Project Citizen). Jurnal Ilmiah CIVIS. Vol. 2, No.2. Tahun 2012.

Annisa, N. (2022). Pelaksanaan Tugas Pokok Pengawas Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Implementation of the principal duties of school supervisors in improving the quality of learning.

Purba, A., Widyastuti, A., Soesana, A., Salamun, S., Suesilowati, S., Lestari, R., ... & Simarmata, J. (2022). Strategi Pembelajaran (Suatu Pengantar). Yayasan Kita Menulis.

Rubini, R. (2022). Pemikiran Pendidikan Karakter Anak (Sebuah Gagasan Besar Al-Zarnuji dan John Locke) (Vol. 1). Academia Publication.

Suroyo, Bima Maulana Putra, Bedriati Ibrahim, Y. (2021). Proceeding International Conference onIslamic Education, 33(0).1-14.

Suyanto dan M.S. Abbas. 2001. Wajah dan Dinamika Pendidikan Anak Bangsa, Yogyakarta, Adicita Karya Nusa.

SSN: 2614-6754 (print) ISSN: 2614-3097(online) Halaman 11227-11231 Volume 6 Nomor 2 Tahun 2022 Jurnal Pendidikan Tambusai 11230

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

UNO, Hamzah B., et al. (2022). Landasan Pendidikan. Bumi Aksara

https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/715/1/SHIMA%20DEWI%20FAUZIAH.

Unduhan

Diterbitkan

28-06-2023

Cara Mengutip

Setiariny, Endang. “PEMANFAATAN PLATFORM MERDEKA MENGAJAR SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN”. Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan 20, no. 1 (Juni 28, 2023): 23–33. Diakses Desember 4, 2023. https://jlmp.kemdikbud.go.id/index.php/jlmp/article/view/81.