PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MELALUI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION BERBANTUAN GEOGEBRA MATERI BANGUN RUANG
DOI:
https://doi.org/10.54124/jlmp.v22i1.158Kata Kunci:
Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME), Geogebra, Pemahaman Konsep, Bangun RuangAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pendekatan Realistic Mathematic Education berbantuan GeoGebra ditinjau dari perbedaan, ketuntasan, dan peningkatan pemahaman konsep siswa dalam materi bangun ruang. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment Research atau eksperimen semu yang menggunakan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD se-Gugus Pangeran Diponegoro Kecamatan Warungasem, sedangkan sampel penelitiannya yaitu siswa kelas IV SD Negeri Pesaren 02 sebagai kelas eksperimen dan SD Negeri Pesaren 01 sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan dengan teknis tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai signifikasi pada uji-t adalah 0,000<0,05 yang berarti bahwa siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan pendekatan Realistic MathematicS Education berbantuan GeoGebra memiliki pemahaman konsep yang lebih baik dibandingkan dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Pemahaman konsep matematika kelas eksperimen mencapai rata-rata nilai 85 dengan ketuntasan klasikal 100%. Pemahaman konsep matematika juga meningkat dengan n-gain sebesar 0,566 dan termasuk pada kriteria sedang. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa Pendekatan Realistic Mathematics Education berbantuan GeoGebra terbukti efektif terhadap pemahaman konsep matematika siswa.
Unduhan
Referensi
Afrilianto, M. (2012). Peningkatan pemahaman konsep dan kompetensi strategis matematis siswa SMP dengan pendekatan metaphorical thinking. Infinity Journal, 1(2), 192–202. https://www.e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/infinity/article/ view/19
Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assesing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. Addison Wesley Longman, Inc.
Arisanti, A., & Khotimah, R. P. (n.d.). Peningkatan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Lembar Kerja Siswa (LKS) Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar [Universitas Muhammadiyah Surakarta]. https://eprints.ums.ac.id/44825/
Azis, Z., Panggabean, S., & Sumardi, H. (2021). Efektivitas Realistic Mathematics Education Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Smp Negeri 1 Pahae Jae. Journal Mathematics Education Sigma [JMES], 2(1), 19–24. https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/jmes/article/view/6751
Effendi, S. (1982). Unsur-unsur penelitian ilmiah. Dalam Masri Singarimbun (Ed.). Metode penelitian survei. Jakarta: LP3ES.
Gronlund, N.E. & Linn, R.L. (1990). Measurement and evaluation in teaching. (6thed.). New York: Macmillan.
Hartono, J. (2017). Teori Portofolio dan Analisis Investasi Edisi Kesebelas. BPFE.
Hidayat, E. I. F., Yandhari, I. A. V., & Alamsyah, T. P. (2020). Efektivitas Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 106. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/ article/view/21103
Kho, T.H., Yeo, S.M., & Lim, J. (2009). The Singapore Model Method for Learning Mathematics. Singapore: EPB Pan Pacific.
Khotimah, S. H., & Asa, M. (2020). Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3), 491–498. https://ejournal.undiksha.ac.id/ index.php/JIPP/article/view/28568
Nur, I. M. (2016). Pemanfaatan Program Geogebra dalam Pembelajaran Matematika. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1). https://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/deltapi/article/viewFile/236/188
Ritonga, M., & Ritonga, S. I. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran RME (Realistic Mathematics Education) Berbantuan Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Al-Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 5–11. https://ejurnal.univalabuhanbatu.ac.id/ index.php/al-khawarizmi/article/view/528
Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media.
Simbolon, A. K., & Siahaan, L. M. (2020). The Use of Geogebra Software in Improving Student’s Mathematical Abilities in Learning Geometry. International Conference on Culture Heritage, 10. https://www.scitepress.org/Papers/2020/103118/103118.pdf
Susanto, A. (2016). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Prenadamedia Group.
Trahati, M. R. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Di Sekolah Dasar Negeri Tritih Wetan 05 Jeruklegi Cilacap. Basic Education, 5(12). https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgsd/article/view/1139
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
-
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
-
NonCommercial — You may not use the material for commercial purposes.
-
NoDerivatives — If you remix, transform, or build upon the material, you may not distribute the modified material.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.







