PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP BANGUN RUANG SISI DATAR MELALUI PMRI DENGAN APLIKASI LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS)

Penulis

  • Erna Sari Agusta MTsN 28 Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.54124/jlmp.v20i1.106

Kata Kunci:

Pemahaman Konsep, PMRI, Aplikasi Learning Management System (LMS)

Abstrak

Kemampuan pemahaman konsep merupakan salah satu keterampilan yang harus dikuasai oleh siswa pada mata pelajaran matematika. Akan tetapi, kemampuan pemahaman konsep siswa MTsN 28 Jakarta masih tergolong rendah. Adanya pemberlakukan PTM Terbatas (PTMP) mengakibatkan belajar hanya menjadi suatu proses memindahkan rumus dan mengunggah tugas. Oleh karena itu, diperlukan suatu inovasi yang dapat membuat pembelajaran menjadi lebih bermakna. PMRI dapat menjadi solusi agar siswa terlibat dalam pembelajaran. Untuk mengatasi keterbatasan waktu, PMRI dapat diterapkan dengan berbantuan aplikasi Learning Management System (LMS). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan pendekatan PMRI berbantuan aplikasi LMS dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep Bangun Ruang Sisi Datar pada siswa kelas VIII-2 MTsN 28 Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian yang diamati dalam penelitian berjumlah 6 siswa yang berasal dari kelompok atas, menengah, dan bawah. Analisis data mengacu pada pencapaian indikator pemahaman konsep yang dilihat dari hasil jawaban tes subjek penelitian melalui tiga tahap, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata tes meningkat dari 69,97 pada siklus I, 73,06 pada siklus II, dan 78,18 pada siklus III. Siswa yang mencapai KKM juga mengalami peningkatan, pada tes akhir siklus I ada 7 orang (23,33%), pada siklus II meningkat menjadi 16 orang (50%), dan pada siklus III kembali meningkat menjadi 23 orang (76,67%). Peningkatan nilai tes ini juga didukung dengan penambahan skor indikator pemahaman konsep. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa pendekatan PMRI berbantuan aplikasi LMS dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Agusta, E. S. (2020). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Keliling dan Luas Bangun Datar Pada Siswa Kelas VII-2 MTsN 28 Jakarta dengan Menggunakan Alat Peraga. Wawasan: Jurnal Kediklatan Balai Diklat Keagamaan Jakarta, 1(2), 38-46.

Agusta, E. S. (2020). Peningkatan Kemampuan Matematis Siswa Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Algoritma: Journal of Mathematics Education, 2(2), 145-165.

Arsyad, Azhar. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers. Asiyah, S. (2012). Usaha Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Guided Note Taking (GNT) Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Jeruk I Kecamatan Miri Kabupaten Sragen tahun pelajaran 2011/2012 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Den Heuvel-Panhuizen, V. (2003). The didactical use of models in realistic mathematics education: An example from a longitudinal trajectory on percentage. Educational studies in Mathematics, 54(1), 9-35.

Edison, E., & Sowanto, S. (2021). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis dan Self Confidence Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation pada Siswa Sekolah Dasar. SUPERMAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 12-24.

Elisvi, J., Archanita, R., Wanto, D., & Warsah, I. (2020). Analisis Pemanfaatan Media Pembelajaran Online Di SMK IT Rabbi Radhiyya Masa Pandemi COVID-19. Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2).

Fajari, U. N. (2020). Analisis Miskonsepsi Siswa pada Materi Bangun Datar dan Bangun Ruang. Jurnal Kiprah, 8(2), 113-122.

Gravemeijer, K., & Doorman, M. (1999). Context Problems in Realistic Mathematics Education: A Calculus Course as An Example. Educational studies in mathematics, 39(1), 111-129.

Irawan, D. (2020). analisis profil kemampuan literasi sains siswa smp di kabupaten ponorogo ditinjau dari komunikasi verbal pada tema listrik dinamis (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).

Jamilah, A. (2019). Perbedaan Kemampuan Representasi Matematis Melalui Penerapan Pendekatan Open Ended dengan Problem Posing di Kelas VIII SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung. Uinsatu.ac.id

Kartika, Y. (2018). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas vii smp pada materi bentuk aljabar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(2), 777-785.

Milles, M. B., & Hubberman, A. M. (1992). Analisis Data Kualitatif, Terjemahan oleh Tjetjep Rohidi dan Mulyarto. Jakarta: UI Percetakan.

Muhammad, R., & Ardimansyah, M. I. (2021). Memanfaatkan Learning Management System berbasis Moodle untuk pembelajaran daring di sekolah. uwais inspirasi indonesia.

Putri, L. A. (2020). Euclidean Voice: Aplikasi Pembelajaran Geometri Euclid Berbasis Android Untuk Penyandang Tunanetra. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(2), 23-27.

Sari, P. (2017). Pemahaman konsep matematika siswa pada materi besar sudut melalui pendekatan PMRI. Jurnal Gantang, 2(1), 41-50.

Soedjadi, R. (2007). Inti Dasar-Dasar Pendidikan Matematika Realistik Indonesia. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 1-10.

Stephan, M., Underwood-Gregg, D.,& Yackel, E. (2014). Guided Reinvention: What is it and How do Teachers Learn This Teaching Approach?. In Transforming mathematics instruction (pp. 37-57).

Suryadi, A., & Berdiati, I. (2018). Menggagas Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakaraya.

Sutisna, A. P., Maulana, M., & Subarjah, H. (2016). Meningkatkan pemahaman matematis melalui pendekatan tematik dengan RME. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 31-40.

Treffers, A. (1987). Integrated column arithmetic according to progressive schematisation. Educational studies in Mathematics, 18(2), 125-145

Van den Heuvel-Panhuizen, M., & Drijvers, P. (2020). Realistic Mathematics Education Encycl. Math. Educ, 713-717.

Unduhan

Diterbitkan

28-06-2023

Cara Mengutip

Agusta, Erna Sari. “PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP BANGUN RUANG SISI DATAR MELALUI PMRI DENGAN APLIKASI LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS)”. Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan 20, no. 1 (Juni 28, 2023): 43–52. Diakses Desember 13, 2024. https://jlmp.kemdikbud.go.id/index.php/jlmp/article/view/106.