PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN “MICROPASCIEN “ UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP KEMAGNETAN
DOI:
https://doi.org/10.54124/jlmp.v19i1.56Abstrak
Pemahaman konsep kemagnetan merupakan materi esensial pada pembelajaran Fisika. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan pemahaman konsep kemagnetan melalui penerapan media Micropascien (Microsoft Paper Science). Penelitian dilakukan di SMP Negeri 3 Babelan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada Pra-Siklus, diperoleh hanya 6,67% dari 30 siswa yang mampu menjelaskan konsep kemagnetan dengan benar. Pemahaman konsep magnet siswa meningkat dari 65,13 pada Siklus ke-1 menjadi 84,16 pada Siklus ke-1I. Jumlah siswa yang memahami konsep kemagnetan meningkat dari 10,67% menjadi 96,67%. Peningkatan pemahaman konsep kemagnetan meliputi indikator menafsirkan, menyajikan contoh, menyimpulkan dan menjelaskan. Kesimpulkan penelitian bahwa penggunaan media pembelajaran Micropascien dapat meningkatkan pemahaman konsep kemagnetan. Hasil penelitian merekomendasikan kepada guru IPA untuk meningkatkan pemahaman konsep kemagnetan menggunakan media Micropascien.
Unduhan
Referensi
Abbas. (2017). Faktor-faktor kesulitan belajar fisika pada peserta didik kelas IPA SMA Negeri 1 Bontonompo. Skripsi. Makassar: UIN Alaudin Makassar.
Al-rahmi, W. M., Othman, M. S., & Yusuf, L. M. (2015). Using social media for research: The role of interactivity, collaborative learning, and engagement on the performance of students in Malaysian post-secondary institutes. Mediterranean Journal of Social Sciences, 6(5).
Arikunto, Suharsimi. (2019) . Prosedur penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Aswirna, P. (2018). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick terhadap pemahaman konsep fisika siswa di MTsN Piladang Kabupaten Lima Puluh Kota. NATURAL SCIENCE: Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 4(1).
Damayanti, T., Hamdan, S. R., & Khasanah, A. N. (2017). Kompetensi guru di dalam proses pembelajaran inklusi pada guru SD negeri di kota Bandung. Schema: Journal of Psychological Research.
Dewi, F. S., & Ismayati, E. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Medan Magnet dan Induksi Elektromagnetik Berbasis Computer Assisted Instructgion (CAI) di Universitas Negeri Surabaya.Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 8(1)
Dunlosky, J., Rawson, K. A., Marsh, E. J., Nathan, M. J., & Willingham, D. T. (2013). Improving students’ learning with effective learning techniques: Promising directions from cognitive and educational psychology. Psychological Science in the Public interest, 14(1).
Ekayani, P. (2017). Pentingnya penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 2(1).
Elisa. Dkk. (2017). Peningkatan pemahaman konsep fisika dan aktivitas mahasiswa melalui phet simulation. PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran) Vol 1 No 1 Tahun 2017 Hal 15-20. p-ISSN: 2599-1914. e-ISSN: 2599-1132
Febri Diani, Sanra. (2019). Kemampuan pemahan konsep siswa smp setelah memperoleh pembelajaran discovery learning. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), Vol. 3, No. 3, Desember 2019 eISSN 2581-253X
Guido, R. M. D. (2018). Attitude and motivation towards learning physics. arXiv preprint arXiv:1805.02293.
Hidayat, Umar Syarif. (2019). Pemanfaatan sumber belajar dalam pembelajaran fisika di SMA Negeri 1 Sokaraja tahun ajaran 2018/2019. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Holme, T. A., Luxford, C. J & Brandriet, A. (2015). Defining conceptual understanding in general chemistry. Journal of Chemical Education, 92 (9).
Istiqlal, Abdul. (2018). Manfaat media pembelajaran dalam proses belajar dan mengajar mahasiswa di perguruan tinggi. php/kp P-ISSN: 2502-6437 e-ISSN: 2502-6445 September 2019.
Jailani, M. S., & Hamid, A. (2016). Pengembangan sumber belajar berbasis karakter peserta didik (ikhtiar optimalisasi proses pembelajaran pendidikan agama islam (PAI)). Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2).
Kozhevnikov, M., Gurlitt, J., & Kozhevnikov, M. (2013). Learning relative motion concepts in immersive and non-immersive virtual environments. Journal of Science Education and Technology, 22(6).
Lestari, F., Saryantono, B., Syazali, M., Saregar, A., MADIYO, M., JAUHARIYAH, D., & Rofiqul, U. M. A. M. (2019). Cooperative learning application with the method of" network tree concept map": based on Japanese learning system approach. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 7(1).
Martanti, Ayu Putri (2013). Pengembangan media animasi dua dimensi berbasis java scratch materi teori kinetik gas untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa SMA. Under Graduates thesis, Unnes.
Nasution, M. (2018). Konsep standar proses dalam pembelajaran matematika. Logaritma: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 6(01)
Permendikbud. (2016). Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan nomor 24 tahun 2016 tentang kompetensi inti dan kompetensi dasar pelajaran pada kurikulum 2013 pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah.
Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA abad 21 dengan literasi sains siswa. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika, 9(1).
Rachman, A., Sukrawan, Y., & Rohendi, D. (2019). Penerapan model blended learning dalam peningkatan hasil belajar menggambar objek 2 dimensi. Journal of Mechanical Engineering Education, 6(2).
Ramdhani, M. A., & Muhammadiyah, H. (2015). The criteria of learning media selection for character education in higher education. International Conference of Islamic Education in Southeast Asia 1, 174-182
Ritonga, D. (2018). Perbedaan kemampuan koneksi matematika dan pemahaman konsep siswa menggunakan pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran langsung di SMP NegeriI 1 Bilah Barat (Doctoral dissertation, UNIMED).
Riwanto, Dedi. Dkk (2019). Analisis pemahaman konsep peserta didik dalam menyelesaikan sosal-sosial fisika kelas x mia sma negeri 3 sopeng. Jurnal Sains Pendidikan.
Sadiman, A.S, dkk. (2014). Media pendidikan pengertian, pengembangan, dan pemanfaatnya. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada
Sadiqin, I. K., Santoso, U. T., & Sholahuddin, A. (2017). Pemahaman konsep IPA siswa SMP melalui pembelajaran problem solving pada topik perubahan benda-benda di sekitar kita. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(1).
Suntusia, D. Hobri. (2019). The effectiveness of research based learning in improving students’ achievement in solving two-dimensional arithmetic sequence problems. International journal of instruction, 12(1).
Umrotun. (2016). Pembelajaran melalui teknik mind mapping untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep kemagnetan peserta didik kelas IX Semester Dua Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika 7 (2016) 56-62 http://e-jurnal.upgrismg.ac.id/index.php/JP2F. ISSN 2086-2407
Utami, Isti. (2014). Efektivitas pemanfaatan media animasi untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar fisika siswa Madrasah Aliyah Negeri Wonosobo. Prosiding Pertemuan Ilmiah XXVIII HFI Jateng & DIY, Yogyakarta. ISSN: 0853-0823.
Yuliani, K., & Saragih, S. (2015). The development of learning devices based guided discovery model to improve understanding concept and critical thinking mathematically ability of students at Islamic Junior High School of Medan. Journal of education and practice, 6(24).
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
-
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
-
NonCommercial — You may not use the material for commercial purposes.
-
NoDerivatives — If you remix, transform, or build upon the material, you may not distribute the modified material.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.