INOVASI MODEL PEMBELAJARAN “BLACK MARKET” UNTUK MENDONGKRAK PEMAHAMAN KONSEP OPTIK

-

Penulis

  • TEGUH SOEHARTO SMP NEGERI 3 BABELAN BEKASI

DOI:

https://doi.org/10.54124/jlmp.v19i2.84

Kata Kunci:

Kata Kunci: Konsep Optik, Model Pembelajaran, Model Black Market.

Abstrak

Abstrak: Konsep optik merupakan konsep penting untuk memahami IPA. Penelitian ini berupaya meningkatkan pemahaman konsep optik, melalui model black market.  Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 8 Cikarang Utara, Jawa Barat, tahun ajaran 2021/2022. Tiga siklus penelitian tindakan kelas digunakan dalam penelitian ini. Menurut temuan, konsep optik umumnya dipahami pada tingkat rata-rata 53,03 di Pra-siklus, 61,10 di Siklus Pertama, 67,43 di Siklus Kedua, dan 77,83 di Siklus Ketiga.  Jumlah siswa yang memahami konsep optik mengalami peningkatan dari 30 siswa, pada Pra-siklus: 26,67% (8 siswa); Siklus ke-1: 46,67% (14 siswa); Siklus ke-2: 63,33% (19 siswa) dan Siklus ke-3: 83,33% (25 siswa).  Indikator pemahaman konsep optik meliputi: interpreting, exemplinifying, classifying, summarizing, inferring, comparing dan explaining. Kesimpulan penelitian bahwa penerapan model black market dapat meningkatkan pemahaman konsep optik. Temuan penelitian ini menyarankan guru IPA untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang topik optik dengan model black market. 

Kata Kunci:  Konsep Optik, Model Pembelajaran, Model Black Market.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Adhani, A., & Rupa, D. (2020). Analisis Pemahaman Konsep Mahasiswa Pendidikan Biologi pada Matakuliah Fisiologi Tumbuhan. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 11(1), 18-26.

Andriani, Y., & Riandi, R. (2015). Peningkatan penguasaan konsep siswa melalui pembelajaran argument driven inquiry pada pembelajaran IPA terpadu di SMP kelas VII. Edusains UIN Syarif Hidayatullah, 7(2), 114-120.

Arikunto, Suharsimi. (2019) . Prosedur penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, A. (2017). Media pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.

Budiarti, C. D., Purwanto, S. E., & Hendriana, B. (2019). Kontribusi model pembelajaran M-Apos terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1)

Triwahyuni, Eges. (2017). Pengaruh pemahaman konsep ipa melalui pendekatan discovery terbimbing terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN Wringinagung 1 Kecamatan Jombang Kabupaten Jember. Jurnal. Inovasi Volume XIX, Nomor 1, Januari 2017. ISSN 0854-4328.

Dunlosky, J., Rawson, K. A., Marsh, E. J., Nathan, M. J., & Willingham, D. T. (2013). Improving students’ learning with effective learning techniques: Promising directions from cognitive and educational psychology. Psychological Science in the Public interest, 14(1).

Effendi, K. N. S. (2017). Pemahaman konsep siswa kelas VIII pada materi kubus dan balok. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 2(2), 10-17.

Elisa. Dkk. (2017). Peningkatan pemahaman konsep fisika dan aktivitas mahasiswa melalui phet simulation. PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran) Vol 1 No 1 Tahun 2017 Hal 15-20. p-ISSN: 2599-1914. e-ISSN: 2599-1132

Hamdani. (2017). Strategi belajar mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Harmer, Jeremy. (2007). How to teach english. Essex: Pearson Education Limited

Indra, P., & Marheni, E. (2020). Pengaruh metode latihan dan motivasi berlatih terhadap keterampilan bermain sepak bola Ssb Persika Jaya Sikabau. Jurnal Performa Olahraga, 5(1), 39-47.

Juwita, R. (2020). Analisis pelaksanaan pembelajaran IPA terpadu dalam Kurikulum 2013 revisi 2017 di SMP Negeri Bandar Lampung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Kholidah, Inna Rohmatun dan A.A Sujadi. (2017). Analisis pemahaman konsep matematika siswa kelas v dalam menyelesaikan soal di SD Negeri Gunturan Pandak Bantul Tahun Ajaran 2016/2017, Jurnal Pendidikan Ke-SD-an. Vol. 4, No. 3.

Majid, Abdul. (2013). Perencanaan pembelajaran mengembangkan study kompetensi guru. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Miswandi, dkk. (2016). Peningkatan aktivitas belajar dan pemahaman konsep biologi dengan strategi survey, question, read, recid, review (sq3r) pada siswa kelas XI IPA 2 pada SMA Negeri 5 Kendari”, dalam Varia Pendidikan, Vol. 28, No. 2.

Ni Putu Widiawati, dkk. (2015). Analisis pemahaman konsep dalam pembelajaran ipa pada siswa kelas IV SD di Gugus II Kecamatan Banjar, dalam MIMBAR PGSD Undiksha, Vol. 3, No.1.

Nulfita, I. M. (2014). Implementasi pendekatan saintifik dan karakter dalam pembelajaran sains menyongsong generasi emas Indonesia. In Prosiding SNPS (Seminar Nasional Pendidikan Sains) (Vol. 1).

Prabowo, S. H., Fakhruddin, A., & Rohman, M. (2020). Peran orang tua dalam pembentukan karakter anak di masa pandemi covid-19 perspektif pendidikan islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 191-207.

Priyambodo, Sudi. (2016). Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan metode pembelajaran personalized system of intruction. Jurnal Pendidikan Matematika” Vol. 5, No.1.

Rifka, A. (2019). Penggunaan media microsoft power point untuk meningkatkan pemahaman konsep pembelajaran ips peserta didik Kelas IV MI Sa’adatuddarain Petang Jakarta (Bachelor's thesis).

Ritonga, D. (2018). Perbedaan kemampuan koneksi matematika dan pemahaman konsep siswa menggunakan pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran langsung di SMP NegeriI 1 Bilah Barat (Doctoral dissertation, UNIMED).

Riwanto, Dedi. Dkk (2019). Analisis pemahaman konsep peserta didik dalam menyelesaikan soal-soal fisika kelas X MIA SMA Negeri 3 sopeng. Jurnal Sains Pendidikan.

Sadiqin, I. K., Santoso, U. T., & Sholahuddin, A. (2017). Pemahaman konsep IPA siswa SMP melalui pembelajaran problem solving pada topik perubahan benda-benda di sekitar kita. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(1).

Saragih dan Afriati. (2012). Peningkatan Pemahaman konsep grafik fungsi trigonometri siswa smk melalui penemuan terbimbing berbantuan software autograph. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan” Vol. 18, No. 4.

Sari, M., Habibi, M., & Putri, R. (2018). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think-pairs-share dalam pembelajaran matematika terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis dan pengembangan karakter siswa sma kota sungai penuh. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1),

Sasmita, P. R., & Hartoyo, Z. (2020). Pengaruh pendekatan pembelajaran STEM Project Based Learning terhadap pemahaman konsep fisika siswa. Silampari Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika, 2(2), 136-148.

Sudijono, Anas. (2015). Pengantar evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Sukmawati, R. (2017). Pengaruh pembelajaran interaktif dengan strategi drill terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika mahasiswa. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 10(2).

Surasa, N. N., Witjaksono, M., & Utomo, S. H. (2016, December). Proses Belajar siswa dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis mata pelajaran ekonomi SMA. In National Conference on Economic Education.

Trianto. (2012). Model Pembelajaran terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Triwahyuni, Eges. (2017). Pengaruh pemahaman konsep ipa melalui pendekatan discovery terbimbing terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN Wringinagung 1 Kecamatan Jombang Kabupaten Jember. Jurnal. Inovasi Volume XIX, Nomor 1, Januari 2017. ISSN 0854-4328.

Tutik, T., Wulan, S., & Hasanah, N. (2020). Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Materi Pengukuran Satuan Berat melalui Metode Drill pada Siswa Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III .

Utami, dkk. (2016). Analisis kemampuan pemahaman konsep siswa melalui penerapan asesmen portofolio pada pembelajaran fisika. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E- Journal) SNF2016, Vol.V.

Wulandari, T. J., Siagian, S., & Sibuea, A. M. (2019). Pengembangan media pembelajaran dengan aplikasi macromedia flash pada mata pelajaran matematika. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 5(2), 195-209.

Yanti, R., Laswadi, L., Ningsih, F., Putra, A., & Ulandari, N. (2019). Penerapan pendekatan saintifik berbantuan geogebra dalam upaya meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(2), 180-194.

Unduhan

Diterbitkan

23-12-2022

Cara Mengutip

SOEHARTO, TEGUH. “INOVASI MODEL PEMBELAJARAN ‘BLACK MARKET’ UNTUK MENDONGKRAK PEMAHAMAN KONSEP OPTIK : -”. Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan 19, no. 2 (Desember 23, 2022): 78–90. Diakses September 30, 2023. https://jlmp.kemdikbud.go.id/index.php/jlmp/article/view/84.