Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Menyusun Soal Computer Based Test Melalui In-House Training

Penulis

  • Slamet Utomo

DOI:

https://doi.org/10.54124/jlmp.v18i2.33

Kata Kunci:

computer based test, in-house training, kemampuan guru, aktivitas guru

Abstrak

Computer Based Test (CBT) memegang peranan penting untuk mendukung secara efisien dan lebih cepat evaluasi formatif dan sumatif yang dilakukan guru di sekolah. Peningkatan kemampuan guru dalam penyusunan soal CBT merupakan tujuan dari penelitian yang dilakukan di SMA Islam Cikal Harapan 2 Tahun Pelajaran 2019/2020 dengan melibatkan 10 guru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah (PTS), dua siklus, dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan teknik quesioner, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa prosentasi kemampuan guru menyusun soal CBT meningkat pada siklus I yaitu 60% menjadi 87% pada siklus II. Kemampuan menyusun CBT meliputi perancangan soal, pembuatan file pendukung, dan pengaktifan soal di komputer. Selain itu terjadi peningkatan aktivitas guru di dalam IHT dari 73% pada siklus I menjadi 87% pada siklus II. Simpulan penelitian ini adalah IHT dapat meningkatkan aktifitas dan kemampuan guru dalam menyusun soal CBT.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Indomitra, Pranta. 2012. “Meningkatkan Kualitas SDM Dengan In House Training.” 2012. https://pratamaindomitra.co.id/in-house-training-meningkatkan-kualitas-sdm-dengan-in-house-training.html?v=b718adec73e0.

Kemdiknas. 2010. Penelitian Tindakan Sekolah. Jakarta: Kemdiknas.

Murniati, Evi. 2016. Computer Based Test (CBT) Sebagai Alternatif Instrumen Evaluasi Pembelajaran. Surakarta: PPs UNS Surakarta.

Saad, Al-Amri. 2007. “Computer-Based vs. Paper-Based Testing: Does the Test Administration Mode Matter.” In .

Unduhan

Diterbitkan

22-12-2021

Cara Mengutip

Utomo, Slamet. “Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Menyusun Soal Computer Based Test Melalui In-House Training”. Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan 18, no. 2 (Desember 22, 2021): 204–209. Diakses November 6, 2025. https://jlmp.kemdikbud.go.id/index.php/jlmp/article/view/33.