Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Menyusun Soal Computer Based Test Melalui In-House Training
DOI:
https://doi.org/10.54124/jlmp.v18i2.33Kata Kunci:
computer based test, in-house training, kemampuan guru, aktivitas guruAbstrak
Computer Based Test (CBT) memegang peranan penting untuk mendukung secara efisien dan lebih cepat evaluasi formatif dan sumatif yang dilakukan guru di sekolah. Peningkatan kemampuan guru dalam penyusunan soal CBT merupakan tujuan dari penelitian yang dilakukan di SMA Islam Cikal Harapan 2 Tahun Pelajaran 2019/2020 dengan melibatkan 10 guru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah (PTS), dua siklus, dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan teknik quesioner, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa prosentasi kemampuan guru menyusun soal CBT meningkat pada siklus I yaitu 60% menjadi 87% pada siklus II. Kemampuan menyusun CBT meliputi perancangan soal, pembuatan file pendukung, dan pengaktifan soal di komputer. Selain itu terjadi peningkatan aktivitas guru di dalam IHT dari 73% pada siklus I menjadi 87% pada siklus II. Simpulan penelitian ini adalah IHT dapat meningkatkan aktifitas dan kemampuan guru dalam menyusun soal CBT.
Unduhan
Referensi
Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Indomitra, Pranta. 2012. “Meningkatkan Kualitas SDM Dengan In House Training.” 2012. https://pratamaindomitra.co.id/in-house-training-meningkatkan-kualitas-sdm-dengan-in-house-training.html?v=b718adec73e0.
Kemdiknas. 2010. Penelitian Tindakan Sekolah. Jakarta: Kemdiknas.
Murniati, Evi. 2016. Computer Based Test (CBT) Sebagai Alternatif Instrumen Evaluasi Pembelajaran. Surakarta: PPs UNS Surakarta.
Saad, Al-Amri. 2007. “Computer-Based vs. Paper-Based Testing: Does the Test Administration Mode Matter.” In .
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
-
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
-
NonCommercial — You may not use the material for commercial purposes.
-
NoDerivatives — If you remix, transform, or build upon the material, you may not distribute the modified material.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.







