PENINGKATKAN KEMAMPUAN GERAKAN SHOOTING PADA PERMAINAN BOLA BASKET MELALUI TEKNIK PERMAIN
DOI:
https://doi.org/10.54124/jlmp.v20i2.111Kata Kunci:
Kemampuan Shooting, Teknik PermainanAbstrak
Hasil kegiatan belajar mengajar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan di MTs Negeri 24 Jakarta pada permainan bola basket yaitu shooting masih belum mencapai target KKM. Hal itu disebabkan oleh beberapa faktor. Pertama, teknik dasar yang salah dalam melakukan gerakan shooting ke ring basket. Kedua, kurangnya siswa melakukan latihan gerakan shooting karena hanya mengandalkan saat jam pembelajaran. Belum tercapainya ketuntasan minimal berpengaruh terhadap hasil belajar yang dicapai siswa. Oleh karena itu diperlukan metode yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam melakukan kemampuan gerakan shooting ke ring basket yaitu dengan metode permainan. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan pada materi adalah melakukan gerakan shooting. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan empat pertemuan. Masing-masing pertemuan melalui empat tahap kegiatan yaitu: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September-November 2018. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII.1 tahun pelajaran 2018/2019. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, wawancara, observasi, dan catatan lapangan. Data penelitian berupa hasil tes dan observasi kemampuan siswa dalam melakukan gerakan shooting pada permainan bola basket. Hasil penelitian tindakan pada siklus 1 pertemuan 1 hasil kemampuan shooting adalah 66 (66%) dan pada siklus I pertemuan 2 hasilnya 78 (78%). Pada siklus 2 pertemuan 1 hasil kemampuan shooting adalah 83 (83%) dan pada siklus II pertemuan 2 hasilnya 85 (85%). Adapun sikap siswa dalam permainan menunjukkan peningkatan jumlah mulai dari siklus I sebesar 86% sampai siklus II sebesar 92%. Dengan demikian berdasarkan hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa dalam melakukan gerakan shooting dapat meningkat melalui teknik permainan bola basket.
Unduhan
Referensi
Amelia, S. D. (2023). Hubungan Penggunaan Ice Breaking Terhadap Pengelolaan Kelas Dalam Pembelajaran Tematik. Paedagogi: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (e-journal), 9(1),, 30-37.
Arham, S. (2019). Kontribusi kekuatan, kecepatan, kelincahan dan percaya diri terhadap keterampilan teknik pada permainan futsal. Exercise: Journal of Physical Education and Sport, 1(1), 10-24.
Budiwanto, S. R. (2016). Peningkatan Keterampilan Teknik Dasar Pukulan Forehand Overhead Stroke Menggunakan Metode Latihan Berulang (Drilling) Umpan Lempar. Motion: Jurnal Riset Physical Education, 7(1), 108-118.
Darmadi, H. &. (2018). Asyiknya Belajar Sambil Bermain. Jawa Barat: Guepedia.
Endriani. (2014). Pengembangan Kompetensi Guru PJOK Tingkat SD dalam Menjalankan Kurikulum 2013. Generasi Kampus Vol. 7 No. 2.
Falah, N. (2014). Efektivitas Out Bound sebagai Metode Pembelajaran (Studi pada Out Bound Mahasiswa Jurusan BKI Fakultas Dakwah Dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta). Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam, 11(1), 53-74.
Fatirul, W. (2015). Peningkatan Pembe;ajaran Passing Bawah dalam Permainan Bola Voli dengan Metode Bermain Menggunakan Papan Pantul Pada Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Kristen Abdi Wacana Kota Pontianak. Doctoral dissertation, IKIP PGRI PONTIANAK.
Fauziah, E. N. (2013). Hubungan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Siswa dalam Mengikuti Pelajaran Pendidikan Jasmani . JUPE (Jurnal Penjaskesrek), 1(1).
Fitriani, F. M. (2019). Pemanfaatan Software Geogebra Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 2(4).
Hadini, N. (2017). Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini melalui Kegiatan Permainan Kartu Kata di TK Al-Fauzan Desa Ciharashas Kecamatan Cilaku Kabupaten Cianjur. Empowerment: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, 6(1).
Heynoek, F. P. (2020). Motivasi Siswa Perempuan dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) Se-Kota Malang . Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia, 4(2), 9-15.
Indarwati. (2018). Mengembangkan kecerdasan kognitif anak melalui beberapa metode. Psycho Idea ,15(2), 108-118.
Irawan, D. (2014). Hubungan Antara Pemahaman (Interpretasi) Peraturan Permainan dan Tingkat Kecemasan (Anxiety) Sebelum Memimpin Pertandingan dengan Rasa Percaya Diri Wasit Bola Voli Jawa Barat. Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia.
Karunia, W. (2017). Efektifitas penggunaan multimedia interaktif berbasis game based learning terhadap minat dan hasil belajar siswa pada materi sistem reproduksi . Doctoral dissertation, FKIP Unpas.
Majid, W. &. (2018). Meningkatkan Kemampuan Teknik Dasar Shooting Bolabasket Menggunakan Metode Dril. Indonesia performance journal, 2(2), 111-116.
Nawawi, U. U. (2018). Pengaruh Latihan Metode Drill Dan Metode Bermain Terhadap Kemampuan Passing Permainan Sepakbola Siswa Ssb (Sekolah Sepakbola) Usia 11-12 Tahun. Jurnal Performa Olahraga, 3(02), 127-127.
Permendikbud. (2016). Permedikbud No. 24 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemdikbud.
Priastuti, D. (2015). Peningkatan Keberanian Guling Belakang Melalui Permainan Bola dan Simpai Pada Siswa Kelas IV A SDN 4 Wates Kulonprogo. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 11(2).
Qodratillah, M. T. (2011). Kamus Bahasa Indonesia Untuk Pelajar. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Rahayu, E. (2016). Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani: implementasi pada pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan. Bandung: Alfabeta.
Ramdhan, M. (2021). Metode penelitian. Jakarta: Cipta Media Nusantara.
Roza, Y. S. (2013). Analisis Pemikiran Matematika dan Nilai Karakter pada Permainan Rakyat (Besimbang) Daerah Riau. Prosiding SEMIRATA Vol. 1 No. 1.
Wardan, K. (2019). Guru Sebagai Profesi. Jakarta: Deepublish.
Wardani, S. Y. (2018). Informasi Karier. Madiun: UNIPMA Press.
Wirahyuni, K. (2017). Meningkatkan Minat Baca Melalui Permainan Teka Teki Silang dan ‘Balsem Plang. ACARYA PUSTAKA: Jurnal Ilmiah Perpustakaan dan Informasi, 3(1), 1-11.
Zaini, A. (2015). Bermain sebagai metode pembelajaran bagi anak usia dini. Jurnal Thufula Vol. 3 No. 3, 130-131.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
-
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
-
NonCommercial — You may not use the material for commercial purposes.
-
NoDerivatives — If you remix, transform, or build upon the material, you may not distribute the modified material.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.