PENERAPAN PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MENULIS REPORT TEXT
DOI:
https://doi.org/10.54124/jlmp.v19i1.58Abstrak
Kemampuan menulis menjadi aspek yang urgen ditingkatkan bagi siswa SMA. Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan menulis teks ilmiah dengan menggunakan peta konsep pada siswa SMA kelas X IPS. Partisipan penelitian ini berjumlah 34 siswa dipilih meggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian terdiri atas terdiri atas tes dan non tes. Adapun instrument tes berupa esai yang berjumlah 1 item. Sedangkan instrument non tes lembar pengamatan. Prosedur pengumpulan data dilakukan melalui pemberian tes tertulis dan pengamatan. Prosedur analis data berdasarkan siklus (di setiap akhir siklus), metode penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas. Temuan penelitian ini menunjukan bahwa hasil tes tulis siswa diperoleh nilai rata-rata siklus I sebesar 67,94 hasil rata-rata siklus II sebesar 72,35 dan siklus III sebesar 78,82. Hasil tersebut menunjukkan kenaikan sebesar 20,59% dari siswa yang tuntas belajar pada siklus I, 44,11% pada siklus II dan 76,47% siswa yang tuntas belajar pada siklus III. Target ketuntasan adalah 75%, berarti hasil belajar siswa dapat meningkat dengan menggunaan peta konsep. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, konklusinya adalah penerapan peta konsep dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada aspek menulis report text.
Unduhan
Referensi
Aqib, Z. (2016). Penelitian tindakan kelas guru SD, SLB dan TK. Yogyakarta: Yrama Widya.
Aqib, Z. (2017). Penelitian tindakan kelas (PTK) TK/RA, SLB/SDLB. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Aqib, Z. (2017). Penelitian tindakan kelas guru SD, SLB dan TK. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Buzan, T. (2011). Buku Pintar Mind Map. Jakarta: PT. Gramedia.
Dalman. (2016). Ketrampilan Menulis. Jakarta: Raja Grafindo Perkasa.
Dalman. (2017). Ketrampilan Membaca. Bandung: Rajagrafindo Persada.
Hayati, N. ( 2018, Desember ). Penerapan teknik peta konsep ( mind mapping ) keterampilan menulis resensi novel terhadap siswa SMA Negeri 2 Gowa. 107. Makasar: Universitas Muhammadiyah Makasar.
https : // www.amongguru.com. (2017, Desember 17). Retrieved Juli 20, 2021, from https: //www.amongguru.com/ mengenal - tahapan - siklus-penelitian-tindakan-kelas-ptk/
https: //www.ef.co.id. (2020, April 1). Retrieved Juli 1, 2021, from https://www.ef.co.id/ englishfirst/kids/blog/contoh-report-text-dalam-bahasa-inggris/
https://www.wallstreetenglish.co.id. (2020, September 3). Retrieved Juli 20, 2021, from https://www.wallstreetenglish.co.id/english-tips/penjelasan-report-text/
Jumari, Missriani, & Fitriani, Y. (2021). Peningkatan kemampuan menulis narasi melalui strategi peta konsep (concept mapping) pada siswa kelas V SDN 1 Makarti Jaya, Kabupaten Banyuasin. Jurnal Pendidikan Tambusai, 1994.
Kemendikbud. (2015, April 23). https://www.kemdikbud.go.id. Retrieved Juli 20, 2021, from https: //www.kemdikbud.go.id/ main/ blog/ 2015/04/read-aloud-metode-membacakan-buku-untuk-anak-anak-4128-4128-4128
KTSP SMA NEGERI 57. (2021). Jakarta.
Martini. (n.d.). Upaya meningkatkan kemampuan menulis cerita pendek melalui penggunaan teknik peta konsep untuk siswa kelas IX C SMPN 2 Sidoharjo. Sragen: repository.ukws.edu.
Nirwana, & Ruspa, A. R. (2019). Penerapan model peta konsep pada pembelajaran menulis karangan argumentasi siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Palopo. Jurnal Onoma, 367.
Pertiwi, K. R. (2017). Penggunaan media peta konsep pohon jaringan dalam pembelajaran menulis bahasa perancis. perpustakaan.upi.edu, 16.
Purwanto. (2010). Evaluasi hasil belajar. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.
Putra, A. P. (2020, April 7). https://pahamify.com. Retrieved Juli 20, 2021, from https: //pahamify.com/ blog/ skimming-dan-scanning-teknik-membaca-untuk-persiapan-tps-utbk/
Riska. (2017). The use of sustained silent reading (ssr) method to improve students reading comprehension at the second year students of SMPN 3 Sungguminasa Gowa [Thesis]. Sulawesi: AlauddinState Islamic University.
Silberman, M. L. (2011). Active learning. Bandung: Pustaka Insan Madani.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Suhendra, Yulia, & Sarimanah, E. (2015). Penerapan model pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan keterampilan menulis biografi. Jurnal Pedagogia, 258.
Trianto. (2011). Model pembelajaran terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Ustianingsih, L. L. (2016). Kemampuan membaca pengaruh metode reading aloud terhadap kemampuan membaca pemahaman mahasiswa jurusan bahasa Jepang. Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra.
www.ruangguru.com. ( 2016, Maret 28 ). Retrieved Juli 20, 2021, from https://www.ruangguru.com/blog/skimming-dan-scanning-membaca-cepat
Yonani, M., Amrina, W., & Fadli, M. (2021, Januari Rabu). Pengaruh penggunaan model pembelajaran mind mapping (peta konsep) terhadap hasil belajar menulis teks berita pada siswa kelas VIII SMPN 2 Kota Jambi TP. 2020/2021 . Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial , 677.
Yunhadi, W. (2017). The technique of recall protocol in teaching reading for the senior high school students. Intelegensia, 107 - 109.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
-
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
-
NonCommercial — You may not use the material for commercial purposes.
-
NoDerivatives — If you remix, transform, or build upon the material, you may not distribute the modified material.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.