Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Media Film Pendek Pada Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.54124/jlmp.v18i2.32Kata Kunci:
Model Pembelajaran, Discovery Learning, Film pendek, motivasi belajarAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi peserta didik dan motivasi belajar Bahasa Inggris dalam melaksanakan pembelajaran dari rumah melalui model discovery learning dan media film pendek, siswa diharap mampu mensosialisasikan materi yang didapat dengan kehidupan nyata sebagai life-skill.Penelitian tindakan kelas adalah metode yang digunakan. Siswa kelas X SMA Negeri 53 Jakarta yang berjumlah 35 orang siswa sebagai subjek penelitian. Instrumen penelitian angket, pengamatan, dan penugasan sebagai instrumen penelitian serta deskriptif kuantitatif dan kualitatif sebagai teknik analisa data. Berdasarkan nilai pada siklus I 0,48 dikategorikan positif, dan nilai pada siklus II 0,52 dikategorikan sangat positif sebagai hasil penelitian yang menyimpulkan adanya motivasi siswa dalam meningkatkan prestasi selama pembelajaran dari rumah. Hasil penampilan membuktikan film pendek recount text tentang biography tokoh pahlawan Indonesia pada siklus I hasil nilai terendah 70 dan pada siklus 2 nilai 50 ,dari 35 siswa pada dua kali siklus nilai tertinggi 94. Model discovery learning dan media film pendek dapat mendorong siswa lebih giat belajar dan merupakan media belajar yang menyenangkan karena mereka dapat bermain peran di masa pembelajaran dari rumah adalah kesimpulan yang penulis simpulkan. Adanya penyampaian pesan yang dapat dipahami oleh peserta didik serta menumbuhkan kreativitas peserta didik dan guru sehingga tujuan pembelajaran tercapai merupakan kata kunci dalam menerapkan metode ini
Unduhan
Referensi
Jakarta .com [2020], Indonesia menjadi salah satu negara positif virus corona (Covid-19)
Jakarta, Kemendikbud [2020] Prinsip kebijakan pendidikan di masa Pandemi COVID-19
Syah Muhibbin, 2006. Psikologi Belajar, Jakarta: PT. Raja Grapindo Persada.
Daryanto, Karim Syaiful, [2017]. Pembelajaran Abad 21. Gava Media. Yogyakarta
Kurt Lewin M. Keller. [1992], Instructional Design Theory and Models : A Overview of Their Current Status, Charles M. Regeluth (ed), Lawrence Erlbaum Associates, London.
Hopkins. [1993]. Desain Penelitian Tindakan Kelas (Model Ebbut).Yogyakarta :Pustaka Belajar
Rizkiani Dwi. 2016. Penerapan Model Dicovery Learning Untuk Menumbuhkan Sikap Rasa Ingin Tahu dan Hasil Belajar Siswa Pada Subtema Macam macam Sumber Energi. Bandung: Universitas Pasundan Arikunto, Suharsimi. [2010].
Tujuan Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning (2016)http://www.wawasanpendidikan.com/2016/01/Pengertian-TujuanMacamMacam-Proses-Keunggulan-serta-Kelemahan-Metode-InquiryDiscovery-Learning.html. Diakses dari laman web tanggal 22 Februari 2017 Pukul 08.00
Teori-teori Discovery Learning [2013]https://en.wikipedia.org/wiki/Discovery_learning. Diakses dari laman web tanggal [20 Februari 2017] Pukul 09.00
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
-
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
-
NonCommercial — You may not use the material for commercial purposes.
-
NoDerivatives — If you remix, transform, or build upon the material, you may not distribute the modified material.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.