Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Media Film Pendek Pada Masa Pandemi Covid-19

Penulis

  • Siti Rejeki

DOI:

https://doi.org/10.54124/jlmp.v18i2.32

Kata Kunci:

Model Pembelajaran, Discovery Learning, Film pendek, motivasi belajar

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi peserta didik dan motivasi belajar Bahasa Inggris dalam melaksanakan pembelajaran dari rumah melalui model discovery learning dan media film pendek, siswa diharap mampu mensosialisasikan materi yang didapat dengan kehidupan nyata sebagai life-skill.Penelitian tindakan kelas adalah metode yang digunakan. Siswa kelas X SMA Negeri 53 Jakarta yang berjumlah 35 orang siswa sebagai subjek penelitian. Instrumen penelitian angket, pengamatan, dan penugasan sebagai instrumen penelitian serta deskriptif kuantitatif dan kualitatif sebagai teknik analisa data. Berdasarkan nilai pada siklus I 0,48 dikategorikan positif, dan nilai pada siklus II 0,52 dikategorikan sangat positif sebagai hasil penelitian yang menyimpulkan adanya motivasi siswa dalam meningkatkan prestasi selama pembelajaran dari rumah. Hasil penampilan membuktikan film pendek recount text tentang biography tokoh pahlawan Indonesia pada siklus I hasil nilai terendah 70 dan pada siklus 2 nilai 50 ,dari 35 siswa pada dua kali siklus nilai tertinggi 94. Model discovery learning dan media film pendek dapat mendorong siswa lebih giat belajar dan merupakan media belajar yang menyenangkan karena mereka dapat bermain peran di masa pembelajaran dari rumah adalah kesimpulan yang penulis simpulkan. Adanya penyampaian pesan yang dapat dipahami oleh peserta didik serta menumbuhkan kreativitas peserta didik dan guru sehingga tujuan pembelajaran tercapai merupakan kata kunci dalam menerapkan metode ini

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Jakarta .com [2020], Indonesia menjadi salah satu negara positif virus corona (Covid-19)

Jakarta, Kemendikbud [2020] Prinsip kebijakan pendidikan di masa Pandemi COVID-19

Syah Muhibbin, 2006. Psikologi Belajar, Jakarta: PT. Raja Grapindo Persada.

Daryanto, Karim Syaiful, [2017]. Pembelajaran Abad 21. Gava Media. Yogyakarta

Kurt Lewin M. Keller. [1992], Instructional Design Theory and Models : A Overview of Their Current Status, Charles M. Regeluth (ed), Lawrence Erlbaum Associates, London.

Hopkins. [1993]. Desain Penelitian Tindakan Kelas (Model Ebbut).Yogyakarta :Pustaka Belajar

Rizkiani Dwi. 2016. Penerapan Model Dicovery Learning Untuk Menumbuhkan Sikap Rasa Ingin Tahu dan Hasil Belajar Siswa Pada Subtema Macam macam Sumber Energi. Bandung: Universitas Pasundan Arikunto, Suharsimi. [2010].

Tujuan Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning (2016)http://www.wawasanpendidikan.com/2016/01/Pengertian-TujuanMacamMacam-Proses-Keunggulan-serta-Kelemahan-Metode-InquiryDiscovery-Learning.html. Diakses dari laman web tanggal 22 Februari 2017 Pukul 08.00

Teori-teori Discovery Learning [2013]https://en.wikipedia.org/wiki/Discovery_learning. Diakses dari laman web tanggal [20 Februari 2017] Pukul 09.00

Unduhan

Diterbitkan

22-12-2021

Cara Mengutip

Rejeki, Siti. “Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Media Film Pendek Pada Masa Pandemi Covid-19”. Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan 18, no. 2 (Desember 22, 2021): 200–203. Diakses Maret 28, 2024. https://jlmp.kemdikbud.go.id/index.php/jlmp/article/view/32.