PENINGKATAN HASIL BELAJAR BILANGAN BULAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KI HAJAR DEWANTARA PADA SISWA DISKALKULIA

Penulis

  • Desi Erfan SDN Duren Sawit 05

DOI:

https://doi.org/10.54124/jlmp.v19i1.60

Abstrak

Siswa diskalkulia dapat ditemukan di sebagian besar sekolah. Mereka memiliki intelegensi rata-rata dan kesulitan belajar matematika. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa diskalkulia tentang penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat di kelas 6 melalui model pembelajaran Ki Hajar Dewantara yang menyenangkan. Penelitian ini dilakukan di SDN Duren Sawit 05 Jakarta dengan melibatkan 10 siswa diskalkulia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dalam 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Ki Hajar Dewantara dapat meningkatkan hasil belajar penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat, nilai pengetahuan dari 54 menjadi 90, nilai keterampilan dari 63 menjadi 97, dan nilai sikap dari 58 menjadi 96. Adapun model pembelajaran Among Ki Hajar Dewantara yang digunakan dalam penelitian ini meliputi 6 kegiatan yaitu: 1) presentasi berbasis tanya jawab, 2) pembelajaran dengan video, 3) alat peraga dari barang bekas, 4) simulasi garis bilangan dengan ubin, 5) visualisasi simbol matematika dengan spidol warna, dan 6) pembelajaran dengan lagu dan yel-yel. Simpulan penelitian adalah model pembelajaran Ki Hajar Dewantara dapat meningkatkan hasil belajar penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Anggraeni, S. T., Muryaningsih, S., & Ernawati, A. (2020). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 1(1), 25–37. https://doi.org/10.30595/.v1i1.7929

Bandi Delphi. (2006). Pembelajaran anak berkebutuhan khusus (dalam setting pendidikan inklusi). Bandung: Refika Aditama.

Bugden, S., & Ansari, D. (2014). How can cognitive developmental neuroscience constrain our understanding of developmental dyscalculia? The Routledge International Handbook of Dyscalculia and Mathematical Learning Difficulties, (February), 18–43. https://doi.org/10.4324/9781315740713-10

Carey, E., Hill, F., Devine, A., & Szücs, D. (2016). The chicken or the egg? The direction of the relationship between mathematics anxiety and mathematics performance. Frontiers in Psychology, 6(JAN), 1–6. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2015.01987

Catherine H. Augustine, Gabriella Gonzalez, Gina Schuyler Ikemoto, Jennifer Russell, G. L. Z. (2009). Improving School Leadership: The Promise of Cohesive Leadership Systems. Santa Monica, California: RAND Corporation.

Chinn, S., & Ashcroft, R. E. (2017). Dyscalculia, Dyslexia and Mathematics. Mathematics for Dyslexics and Dyscalculics, 1–22. https://doi.org/10.1002/9781119159995.ch1

Dessie, A. A., & Sewagegn, A. A. (2019). Moving beyond a sign of judgment: Primary school teachers’ perception and practice of feedback. International Journal of Instruction, 12(2), 51–66. https://doi.org/10.29333/iji.2019.1224a

Dewantara, I. P. M. (2020). Curriculum changes in Indonesia: Teacher constraints and students of prospective teachers’ readiness in the implementation of thematic learning at low grade primary school. Elementary Education Online, 19(2), 1047–1060. https://doi.org/10.17051/ilkonline.2020.696686

Djohar, & Istiningsih. (2017). Filsafat pendidikan Ki Hadjar Dewantara dalam kehidupan nyata.

Fuchs, L. S., Fuchs, D., Compton, D. L., Hamlett, C. L., & Wang, A. Y. (2015). Is Word-Problem Solving a Form of Text Comprehension? Scientific Studies of Reading, 19(3), 204–223. https://doi.org/10.1080/10888438.2015.1005745

Hattie, J., & Timperley, H. (2007). The power of feedback. Review of Educational Research, 77(1), 81–112. https://doi.org/10.3102/003465430298487

Hendriana, H., Sumarmo, U., Carli, C., Ristiana, M. G., & Putra, H. D. (2019). Enhancing students mathematical creative skill and resilience by using problem posing approach. Journal of Physics: Conference Series, 1318(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1318/1/012065

Iriawan, S. B. (2020). PEMBELAJARAN AMORA BERBASIS SISTEM AMONG KI HADJAR DEWANTARA DI SEKOLAH DASAR PADA ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. Jurnal Edupena.

Jayadiningrat, M. G., Tika, I. N., & Yuliani, N. P. (2017). Meningkatkan Kesiapan Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Kimia Dengan Pemberian Kuis Di Awal Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 1(1), 7. https://doi.org/10.23887/jpk.v1i1.12806

Jensen, E. (2001). Arts with the Brain in Mind. USA: Association for Supervision and Curriculum Development.141.

Kemmis, s. & McTaggart, R. (1988). The action research planner. 3rd ed.

Kriswianti, T. (2011). Implementasi Ajaran Ki Hajar Dewantara Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Membangun Karakter Siswa. Journal of Education Research and Evaluation, 12(3), 978–979. Retrieved from http://eprints.uny.ac.id/7371/1/p-16.pdf

Muhammad, E. M., Muhammad, M. G., & Hafiz, K. I. (2012). Impact of Brand Image, Service Quality and price on customer satisfaction in Pakistan Telecommunication sector. International Journal of Business and Social Science, 3(23), 123–129. Retrieved from http://ijbssnet.com/journals/Vol_3_No_23_December_2012/13.pdf

Paul Ramsden. (2003). Learning to Teach in Higher Education (2nd ed.). https://doi.org/https://doi.org/10.4324/9780203507711

Shabiralyani, G., Hasan, K. S., Hamad, N., & Iqbal, N. (2015). Impact of Visual Aids in Enhancing the Learning Process Case Research: District Dera Ghazi Khan. Journal of Education and Practice, 6(19), 226–233.

Shinohara, K., & Wobbrock, J. O. (2011). In the shadow of misperception. 705–714. https://doi.org/10.1145/1978942.1979044

Siagian, N. F. (2018). GURU DAN PERUBAHAN: Peran Guru di Dunia Pendidikan dan Pembangunan Sumber Daya Manusia. Global Aksara Pers.

Soares, N., Evans, T., & Patel, D. R. (2018). Specific learning disability in mathematics: A comprehensive review. Translational Pediatrics, 7(1), 48–62. https://doi.org/10.21037/tp.2017.08.03

Weiner, I. (2003). Handbook of psychology. New Jersey: John Wiley & Sons.

Widodo, A., Nursaptini, N., Novitasari, S., Sutisna, D., & Umar, U. (2020). From face-to-face learning to web base learning: How are student readiness? Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(2), 149. https://doi.org/10.25273/pe.v10i2.6801

Wijayanti, D., & Praheto, B. E. (2020). Eksplorasi Penerapan Sistem Among Ki Hadjar Dewantara Melalui Pendekatan Pluralistik Dalam Pengelolaan Kelas Di Sd Negeri Timuran Yogyakarta. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 4(1), 388–396. https://doi.org/10.30738/tc.v4i1.7715

Unduhan

Diterbitkan

30-06-2022

Cara Mengutip

Erfan, Desi. “PENINGKATAN HASIL BELAJAR BILANGAN BULAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KI HAJAR DEWANTARA PADA SISWA DISKALKULIA”. Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan 19, no. 1 (Juni 30, 2022): 18–28. Diakses Februari 13, 2025. https://jlmp.kemdikbud.go.id/index.php/jlmp/article/view/60.