PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH

Penulis

  • suhartati suhartati SD Negeri Bleber 1

DOI:

https://doi.org/10.54124/jlmp.v20i2.109

Kata Kunci:

IPS, Hasil belajar, make a match

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar muatan pelajaran IPS melalui model pembelajaran make a match pada siswa kelas VI SD Negeri Bleber 1 tahun ajaran 2022/2023. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri Bleber 1 Prambanan yang beralamat di Karanggede, Sumberharjo, Prambanan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang berlangsung selama dua siklus, masing-masing siklus dua kali pertemuan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar obervasi dan tes tertulis. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriftif kualitatif peningkatan hasil belajar IPS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri Bleber 1. Hal ini terlihat dari persentasi keterlaksanaan pembelajaran oleh guru pada siklus I sebesar 71,4% dan termasuk kriteria “Baik”. Pada siklus II meningkat menjadi 91,1% dan termasuk kriteria “Sangat Baik”. Hasil belajar pre tes rata-rata kelas muatan pelajaran IPS 55. Pada siklus I rata-rata kelas muatan pelajaran IPS meningkat menjadi 74,3. Pada siklus II rata-rata kelas muatan pelajaran IPS meningkat menjadi 80. Hasil ketuntasan belajar pre tes jumlah siswa yang tuntas sebanyak 9 siswa (30%). Pada siklus I, jumlah siswa yang tuntas meningkat 17 siswa (40%) menjadi 21 siswa (70%). Pada siklus II, jumlah siswa yang tuntas meningkat 4 siswa (13%) menjadi 25 (83%). Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran make a match dapat meingkatkan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri Bleber 1 tahun ajaran 2022/2023.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Afandi, R. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 1(1) 77-89. https://doi.org/10.22219/jinop.v1i1.2450

Akdon dan Ridwan. (2009). Rumus dan Data dalam Analisis Statitiska. Bandung: Alfabeta.

Arikunto, Suharsimi. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi AKsara.

Ayuwanti, Irma. (2016). Meingkatkan AKtivitas dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation di SMK Tumaininah yasin Metro. Jurnal SAP Vol. 1 No.2 Desember 2016. http://dx.doi.org/10.30998/sap.v1i2.1017

Fauhah, Homroul. (2021). Analisis Model Pembelajaran Make A Match terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 9 (04), 321-334. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p321-334

Gull, F.(2015). Effects of Cooperative Learning on Students Academic Achievement. Journal of Education and Learning, (Online), 9 (3): 246-255, (http://journal.uad.ac.id/index.php/EduLearn/article/view/2071/pdf_97). https://doi.org/10.11591/edulearn.v9i3.2071

Hajar, I. (2013). Panduan Lengkap Kurikulum Tematik untuk SD/MI. Yogyakarta: Diva Press.

Huda, Miftahul. (2011). Cooperatif Learning (Metode, Teknik, Struktur, dan Model Terapan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Huda, Miftahul. (2014). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka.

Khadijah & Armanila. (2017). Bermain dan Permainan. Medan: Perdana Publishing.

Komalasari, Kokom. (2010). Pembelajaran Konstekstual: Konsep dan Aplikasi. Bandung: Rafika Aditama.

Lestari, P.I., Prima, E., & Sulistyadewi, N.P. (2018). Bermain dan Permainan Anak Usia Dini di Tempat Penitipan Anak. Seminar Nasional Aplikasi Iptek, November, 103-108.

Manik, Veronika Br Ginting. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Make A Match Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas V SD Negeri 040471 Kampung Merdeka Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Quality Medan.

Pratiwi, Rina Hidayati. (2018). Metode Pembelajaran "Make a Match" dan Pengaruh terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Florea. 5 (1). http://doi.org/10.25273/florea.v5i1.2291.

Putri, Eliza Nola Dwi & Taufina. (2020). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Make a Match Terhadap Hasil Belajar SIswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu 4 (3). https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.405.

Ramadhani, M.Ihsan. (2021). Peningkatan Hasil Belajar IPS Menggunakan Model Pembelajaran Make A Match pada SIswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 4: (2237-2244). https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.1159.

Sadiman, S., Arief Raharjo, & Anung Haryanto. (2008). Media Pendidikan Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Grafindo Persada.

Sudjana, Nana. (2013). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Rosda Karya.

Sulhan, S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Organ Peredaran Darah dan Fungsinya. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar.https://doi.org/10.23887/jisd.vd1 1.23735. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.23735.

Suprapta, Dewa Nyoman. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran Make a Match sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa. Jurnal Undiksha, IV (3): 240-246. https://doi.org/10.23887/jear.v4i3.27174.

Unduhan

Diterbitkan

30-12-2023

Cara Mengutip

suhartati, suhartati. “PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH”. Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan 20, no. 2 (Desember 30, 2023): 70–76. Diakses Desember 13, 2024. https://jlmp.kemdikbud.go.id/index.php/jlmp/article/view/109.