PENGEMBANGAN FLASHCARD BERBASIS AUGMENTED REALITY MELALUI MODEL ADDIE GUNA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SD

Penulis

  • Hidayat Hidayat SDN Pulau Kelapa 02 Pagi
  • Kena

DOI:

https://doi.org/10.54124/jlmp.v22i1.155

Kata Kunci:

Flashcard, Augmented Reality, Berpikir Kritis, Teknologi

Abstrak

Media pembelajaran konvensional seperti buku teks dan metode ceramah seringkali dianggap kurang menarik dan tidak mampu memfasilitasi pengembangan keterampilan berpikir kritis secara optimal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangkan model ADDIE yaitu pengembangan media flashcard  berbasis augmented reality. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media AR untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SD. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini adalah validasi dari para ahli, yaitu ahli media, bahasa, dan ahli materi, melalui wawancara, observasi, dan tes untuk mengukur keterampilan berpikir kritis siswa. Analisis data dilakukan dengan penyajian data dan penarikan kesimpulan dan data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan flashcard  berbasis Augmented Reality (AR) secara signifikan meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Peningkatan skor terjadi di semua aspek, dengan Identifikasi Masalah meningkat dari 65 ke 82, Pengumpulan Data dari 68 ke 77. Hal ini menunjukkan bahwa siswa lebih mampu mengenali, mengolah, menafsirkan, serta menyampaikan informasi dengan lebih baik. Secara keseluruhan, flashcard  berbasis AR terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan membuat pembelajaran lebih interaktif serta menarik

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Hidayat Hidayat, SDN Pulau Kelapa 02 Pagi

Saya adalah Guru SDN Pulau Kelapa 02 Pagi Kepulauan Seribu. Saat ini saya mengajar di kelas 6 Sekolah Dasar.

Referensi

Akçayır, M., & Akçayır, G. (2017). Advantages and challenges associated with augmented reality for education: A systematic review of the literature. Educational Research Review, 20, 1–11. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.edurev.2016.11.002

Amalia, N. R., Sihotang, I. P., Nurhayani, N., & Sam, S. R. (2023). Pengaruh Media Augmented Reality terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Fondatia, 7(1), 41–51. https://doi.org/10.36088/fondatia.v7i1.2914

Buchner, J., & Kerres, M. (2023). Media comparison studies dominate comparative research on augmented reality in education. Computers & Education, 195, 104711.

Dewi, K., & Sahrina, A. (2021). Urgensi augmented reality sebagai media inovasi pembelajaran dalam melestarikan kebudayaan. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial (JIHI3S), 1(10), 1077–1089. https://doi.org/10.17977/um063v1i10p1077-1089

FEBRIANTO, K., YUSTITIA, V., & IRIANTO, A. (2020). Aktivitas Siswa Dalam Pembelajaran Dengan Menggunakan Media Flashcard Di Sekolah Dasar. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 16(29), 92–98. https://doi.org/10.36456/bp.vol16.no29.a2273

Febriyanto, B., & Yanto, A. (2019). Penggunaan media Flash Card untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 3(2), 108. https://doi.org/10.32585/jkp.v3i2.302

Gunawan, B., Relmasira, S. C., & Hardini, A. A. T. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA KELAS V SD. JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), 2(1), 32. https://doi.org/10.30587/jtiee.v2i1.354

Gunawan, G., Kustiani, L., & Hariani, L. S. (2018). Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 12(1), 14–22.

Kuswinardi, J. W., Rachman, A., Taswin, M. Z., Pitra, D. H., & Oktiawati, U. Y. (2023). Evektifitas Pemanfaatan Aplikasi Augmented Reality (AR) Dalam Pembelajaran Di Sma : Sebuah Tinjauan Sistematis. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(3), 556–563.

Miharja, U., Rumanta, M., & Rahayu, U. (2021). Pengaruh Model Inquiry-Based Learning dan Motivasi Belajar Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SD. Jurnal Elementaria Edukasia, 4(1), 55–64. https://doi.org/10.31949/jee.v4i1.3027

Prihatin, J., Siswati, B. H., Suratno, S., Hariyadi, S., Wahono, B., & Febrianti, I. (2024). Pengembangan Buku Ajar Digital Berbasis Brain-Based Learning pada Materi Sistem Pencernaan Dilengkapi Media Story Picture Serta Flash Card untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA. Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi, 5(1), 1–11. https://doi.org/10.26740/jipb.v5n1.p1-11

Qorimah, E. N., & Sutama, S. (2022). Studi Literatur: Media Augmented Reality (AR) terhadap Hasil Belajar Kognitif. Jurnal Basicedu, 6(2), 2055–2060. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2348

Sahronih, S., Suryono, T., Maemuna, S., & Hasanah, D. (2023). Integrasi Teknologi Augmented Reality Berbasis Model Samr (Substitution, Augmentation, Modification, Redefinition) Dalam Pembelajaran Ipa Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(4), 619–629. https://doi.org/10.37478/jpm.v4i4.3230

Setiawan, I., & Martin, N. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Berbasis Augmented Reality Pada Guru Sdn 2 Pancor. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(2), 898. https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i2.14909

Setiyani, N., Sumarno, S., & Ngatmini, N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Flashcard untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas I Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(11), 5220–5226. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i11.1219

Silitonga, A. A., Sijabat, O. P., & Siagian, A. F. (2023). Pengaruh Media Flashcard terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SD Negeri 091488 Bahsampuran. P3JI: Pengembangan Penelitian Pengabdian Jurnal Indonesia, 1(4), 21–29.

Wahyuni, S. (2020). Penerapan Media Flash Card untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema “Kegiatanku.” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 9. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.23734

Unduhan

Diterbitkan

27-06-2025

Cara Mengutip

Hidayat, Hidayat, dan Kena. “PENGEMBANGAN FLASHCARD BERBASIS AUGMENTED REALITY MELALUI MODEL ADDIE GUNA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SD”. Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan 22, no. 1 (Juni 27, 2025): 35–40. Diakses September 20, 2025. https://jlmp.kemdikbud.go.id/index.php/jlmp/article/view/155.