MENINGKATAN KREATIFITAS PESERTA DIDIK DALAM MENULIS KARTU UCAPAN BERBAHASA INGGRIS MELALUI METODE PRAKTIK
DOI:
https://doi.org/10.54124/jlmp.v19i1.65Kata Kunci:
Praktik, kartu ucapan, canvaAbstrak
Kemampuan menulis kartu ucapan masih rendah, dipengaruhi oleh kurangnya penguasaan kosakata, kesulitan menyusun kalimat yang baik dan benar, tidak mempunyai ide dan penggunaan tata bahasa salah. Tujuan penelitian (1) menjelaskan proses metode praktik mampu meningkatkan kreatifitas dalam membuat kartu ucapan berbahasa Inggris, (2) menjelaskan hasil metode praktik, (3) menjelaskan perubahan perilaku/sikap peserta didik. Metode penelitian digunakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian kelas VIIIF SMPN 17 Pontianak berjumlah 11 peserta didik. Pengumpulan data digunakan lembar pengamatan dan tes. Analisis data: normalitas, homogenitas dan uji satu sampel. Hasil penelitian: pertama, proses untuk meningkatkan kreatifitas meliputi 6 langkah; (a) Penentuan pertanyaan mendasar, (b) Mendesain perencanaan proyek, (c) Menyusun jadwal, (d) Monitoring peserta didik dan kemajuan proyek, (e) Menguji hasil, (f) Evaluasi pengalaman. Kedua, hasil perhitungan p (0,200) lebih besar dari nilai signifikansi 0,05 (α ˃ 0,05) data berdistribusi normal, signifikansi p (0,209) yang diperoleh > α, variansi setiap sampel sama (homogen), terdapat perbedaan kemampuan awal dan akhir setelah peserta didik mengikuti pembelajaran dengan metode praktik sig. (0,030) < α = 0,05. Ketiga, perubahan perilaku semula cukup aktif (45%) menjadi aktif (68,18%). Rata-rata dimensi kreatif yang diintegrasikan dalam proyek pembuatan kartu ucapan pada aspek isi/teks sebesar 3,27, desain 3,09, gambar 2,91 dan tujuan 2,82. Berdasarkan data aspek isi peserta didik dapat membuat kartu ucapan yang benar sesuai dengan isi kartu ucapan, peserta didik dapat mendesain kartu ucapan, mengkreasi gambar yang sesuai dengan kartu ucapan, dan sudah merumuskan tujuan kartu ucapan dengan benar.
Unduhan
Referensi
Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rhineka Cipta.
Bell, S. (2010). 2010. Project based learning for the 21st century, 39-40.
Blanche, M. D. (2006). Applied methods for the social science. Cape: UCT Press.
Putri, N. R. S. (2018). The use of project based learning to improve students’ writing skill in descriptive text. Institut Agama Islam Negeri Salatiga e-repository.perpus.iainslatiga.ac.id. (2018, April Monday). From e-repository.perpus.iainslatiga.ac.id.: e-repository.perpus.iainslatiga.ac.id.
Hasani, A. H. (2017). Using project-based learning in writing an educational article: an experience report. Universal Journal if Education Research, 960-964.
Larasati. (2015, April Tuesday). https://eprints.uny.ac.id. From https://eprints.uny.ac.id.: https://eprints.uny.ac.id.
Nurcahya & Sugesti, I. (2020). Enhancing students’ writing ability and creativity. English Teaching Journal (Eternal), 10-15.
Setyorini, D. (2018). The Implementation of project-based learning in teaching writing recount text. Retain, 18-29.
Shanti, V. S. (2016). Project based learning approach to improve students’ sbility to write descriptive text, (A classroom action research at grade X SMAN I Bengkulu Selatan). Journal of Applied Linguistics and Literature, 1-9.
Sholihah, U. (2017). Project based learning (PJBL) to improve students’ writing capability. Science, Engineering, Education, and Development Studies (SEEDs) Conference Series Faculty of Teacher Training and Education Sebelas Maret University, 57(1), 1-16. Science, Engineering, Education, and Development Studies (SEEDs) Conference Series Faculty of Teacher Training and Education Sebelas Maret University, 1-16.
Smaldino, S. L. (2014). Instructional techonology and media for learning (Terjemahan Arif Rahman 14th Ed.). New York: Person Education.
Solomon, G. (2014). Project-based Learning. A Primer: Technology & Learning.
Sugiyono. (2012). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan kombinasi (mixed methods). Bandung: Alfabeta.
Wibowo, Y. &. (2017). Using project based learning to improve students’ writing skill on greeting card. The 2nd TEYLIN International Conference Proceedings (pp. 1-11). Singapore: TEYLIN International.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
-
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
-
NonCommercial — You may not use the material for commercial purposes.
-
NoDerivatives — If you remix, transform, or build upon the material, you may not distribute the modified material.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.