EVALUASI DAN ANALISIS PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS

Penulis

  • Deny Hadi Siswanto Universitas Ahmad Dahlan
  • Kintoko Universitas PGRI Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.54124/jlmp.v22i1.156

Kata Kunci:

Evaluasi, Implementasi, Kurikulum Merdeka, Sekolah Menengah Atas

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan Kurikulum Merdeka pada siswa kelas X di SMA Muhammadiyah Mlati. Penelitian melibatkan 18 guru dan 72 siswa kelas X sebagai populasi, dengan seluruh siswa dijadikan sampel melalui teknik total sampling. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan analisis data secara deskriptif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, kuesioner observasi, serta studi dokumentasi yang berkaitan dengan implementasi kurikulum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan Kurikulum Merdeka di SMA Muhammadiyah Mlati telah berjalan dengan baik, terlihat dari mayoritas responden yang memberikan penilaian “Sangat Baik” terhadap pelaksanaan kurikulum dalam angket yang disebarkan. Hal ini menunjukkan bahwa kurikulum telah diterapkan secara efektif. Temuan ini sejalan dengan penelitian sebelumnya yang menyatakan bahwa pendekatan personalisasi dalam pembelajaran mampu membantu siswa mengejar ketertinggalan secara lebih efisien. Dengan adanya dukungan dari berbagai pihak, diharapkan pelaksanaan Kurikulum Merdeka dapat semakin optimal dan memberikan kontribusi positif bagi kemajuan pendidikan di SMA Muhammadiyah Mlati

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Astiwi, W., Siswanto, D. H., & Suryatama, H. (2024). Description regarding the influence of teacher qualifications and competence on early childhood learning achievement. Asian Journal of Applied Education (AJAE), 3(3), 347–358. https://doi.org/10.55927/ajae.v3i3.10360

Caesaria, N. Z., Saputra, Y. D., & Siswanto, D. H. (2024). Implementasi pembelajaran matematika berdiferensiasi di sekolah dasar pasiswanto. Memimpin dengan cemerlang: Peranan pengetua dalam menghasilkan pengurusan sekolah yang berkesan. Jurnal Kepimpinan Pendidikan, 11(4), 32–40.

Irwan, Arnandi, & Aslan. (2024). Developing Critical Thinking Skills Of Primary School Students Through Independent Curriculum Learning. Indonesian Journal of Education (INJOE), 4(3), 788–803. https://doi.org/10.25688/2076-9121.2024.18.1-1.03

Kasman, K., & Lubis, S. K. (2022). Teachers’ Performance Evaluation Instrument Designs in the Implementation of the New Learning Paradigm of the Merdeka Curriculum. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 8(3), 760. https://doi.org/10.33394/jk.v8i3.5674

Kintoko, & Siswanto, D. H. (2024). Effectiveness of the Cool-Critical-Creative-Meaningful (3CM) Learning Model on Enhancing Students’ Critical Thinking Skills. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(1), 23–29. https://doi.org/10.26486/jm.v9i1.4522

Kintoko, Siswanto, D. H., & Yogyanto, N. (2025). Empowering teacher pedagogical competencies through the implementation of deep learning approach training. JOELI: Journal of Educational and Learning Innovation, 1(2), 170–179. https://doi.org/10.72204/z95z8b98

Kolb, D. A. (1984). Experiential learning: Experience as the source of learning and development. In Prentice-Hall.

Masjudin, Suharta, I. G. P., Lasmawan, I. W., & Fatwini. (2024). Strengthening 21st century skills through an independent curriculum in mathematics education in indonesia: Challenges, potential, and strategies. International Journal of Applied Science and Sustainable Development (IJASSD), 6(2), 92–113. https://doi.org/10.36733/ijassd.v6i2.9087

Putri, H. A., & Siswanto, D. H. (2024). Teaching at The Right Level (TaRL) as an implementation of new education concepts in the insights of Ki Hajar Dewantara. Indonesian Journal of Educational Science and Technology (Nurture), 3(2), 89–100. https://doi.org/10.55927/nurture.v3i2.9297

Putri, H. A., Siswanto, D. H., & Susanto, D. (2024). Developing teachers’ skills in designing project-based learning in the merdeka curriculum through assembler edu training. Civitas: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 12–20.

Rasyada, R. (2023). Implementasi Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran matematika. BASICA Journal of Arts and Science in Primary Education, 3(1), 151–162. https://doi.org/10.37680/basica.v3i1.3943

Setiawan, A., Jannah, N., Kristiawan, Y., & Siswanto, D. H. (2024). Pelatihan pemanfaatan platform geschool dalam mendukung transformasi digital pendidikan di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pengabdian Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Pancasakti, 1(1), 27–36.

Siswanto, D. H., Putri, H. A., Kintoko, K., & Suwajirah, S. (2025). Chemistry laboratory management: Reviewing planning, organization, and evaluation for effectiveness. Curricula: Journal of Curriculum Development, 4(1), 229–242. https://doi.org/10.17509/curricula.v4i1.80139

Siswanto, D. H., Samsinar, Alam, S. R., & Andriyani. (2024). Peran Kompetensi Guru dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan DIDAXEI, 5(1), 763–773.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supit, D., & Gosal, N. M. (2023). Hubungan Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(1), 177–182. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4557

Suryatama, H., Rozaq, R. R., Purwanti, & Siswanto, D. H. (2024). Efektivitas Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Literasi Numerasi Siswa. MURABBI, 3(2), 125–138. https://doi.org/10.69630/jm.v3i2.48

Suryatama, H., Saputra, S. A., Siswanto, D. H., & Kevin, E. (2024). Penerapan konsep segitiga restitusi untuk mengembangkan budaya positif di sekolah dasar. MURABBI, 3(1), 70–78. https://doi.org/10.69630/jm.v3i2.40

Syah, A. B. P. D. A. F., Janah, N., & Siswanto, D. H. (2025). School strategies in instilling student discipline to improving education quality. Curricula: Journal of Curriculum Development, 4(1), 303–314. https://doi.org/10.17509/curricula.v4i1.81149

Syah, A. B. P. D. A. F., Rachmawati, L., & Siswanto, D. H. (2024). Validity and practicality of the game-based learning media for mathematical logic using the quiz whizzer application. JOELI: Journal of Educational and Learning Innovation, 1(2), 107–118. https://doi.org/10.72204/xpxg2d74

Vygotsky, L. S. (1978). Mind in society: The development of higher psychological processes. Harvard University Press.

Wahyuni, N., Setiawan, A., Apriwulan, H. F., & Siswanto, D. H. (2024). Optimalisasi budaya positif sekolah untuk membentuk karakter profil pelajar pancasila pada murid sekolah dasar. MURABBI, 3(2), 79–90. https://doi.org/10.69630/jm.v3i2.43

Wantoro, H., Misbahul, M., & Siswanto, D. H. (2025). Development of a Guided Discovery-Based scientific approach Mmdule for enhancing Problem-Solving Skills. Contemporary Education and Community Engagement, 1(2), 51–63. https://doi.org/10.12928/cece.v1i2.1271

Wibowo, W. A., Suryatama, H., & Siswanto, D. H. (2025). Exploring the impact of the Merdeka Curriculum on mathematics education in Elementary Schools. International Journal of Learning Reformation in Elementary Education, 4(01), 27–38. https://doi.org/10.56741/ijlree.v4i01.793

Widoyoko, E. P. (2018). Penilaian hasil pembelajaran di sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wood, D., Bruner, J. S., & Ross, G. (1976). The role of tutoring in problem solving. Journal of Child Psychology and Psychiatry, 17(2), 89–100. https://doi.org/10.1111/j.1469-7610.1976.tb00381.x

Yaldi, Y., Hanani, S., Sesmiarni, Z., & Salim, A. (2024). Pendekatan Pendidikan yang Fleksibel dan Progresif. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(9), 4770–4784.

Zamista, A. A., & Deswita, P. (2023). Perceptions of Indonesian teachers on the implementation of “Merdeka” Curriculum. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 11(1), 13–25. https://doi.org/10.30738/wd.v11i1.15611

Unduhan

Diterbitkan

27-06-2025

Cara Mengutip

Hadi Siswanto, Deny, dan Kintoko. “EVALUASI DAN ANALISIS PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS”. Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan 22, no. 1 (Juni 27, 2025): 27–34. Diakses September 20, 2025. https://jlmp.kemdikbud.go.id/index.php/jlmp/article/view/156.