Tingkat Kepuasan Peserta Didik pada Pembelajaran Matematika di Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.54124/jlmp.v18i1.8Kata Kunci:
tingkat kepuasan peserta didik,, PJJ, pembelajaran matematikaAbstrak
Pada masa pandemi Covid-19, terjadi perubahan kegiatan belajar mengajar peserta didik dan guru dari pembelajaran tatap muka ke kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Kepuasan peserta didik dalam implementasi PJJ sangat ditentukan oleh desain bahan ajar dan pelayanan guru. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis tingkat kepuasan peserta didik dalam pembelajaran matematika selama masa pandemi. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 1 Lumajang. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif dengan teknik survei. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan googleform. Setelah proses pembelajaran selesai, dilakukan survey untuk mengetahui tingkat kepuasaan peserta didik berdasarkan indikator dari setiap dimensi yang mempengaruhi tingkat kepuasan. Hasil penelitian menunjukkan Tingkat kepuasaan peserta didik terhadap pembelajaran di masa pandemi sebesar 86,50%. Kepuasan peserta didik tersebut meliputi kemampuan guru menyusun: materi kontekstual (79,19%), ketepatan bahan ajar (89,17%), kesesuaian materi (88,33%), memotivasi (90,83%), ketepatan waktu (85%), menyemangati (91,67%), mengevaluasi (87%), menyusun program (85,83%), berkomunikasi (81,67%), kepedulian (89,17%), respon (88,33%), peran aktif (87,50%), bahan ajar menarik (82,50%), akses materi (85,00%), akses tugas (84,17%), secara umum tingkat kepuasan peserta didik dalam pembelajaran matematika di masa pandemi berjalan sangat baik. Aspek yang menonjol adalah memotivasi dan menyemangati dan aspek yang perlu diperbaiki adalah materi kontekstual.
Unduhan
Referensi
Alaby, Muhammad Awin. "Media Sosial Whatsapp Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh Mata Kuliah ISBD." Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora (Ganaya), 2020.
Daryanto, and Syaiful Karim. Pembelajaran abad 21. Yogyakarta: Gava Media, 2017.
Hartono, Rudi. Ragam Model Mengajar yang Mudah Diterima Murid. Yogyakarta: DIVA Press, 2013.
Latip, Abdul. "Peran Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi Pada Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19." Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran, 2020.
Sopiatin, Popi. Manajemen Belajar Berbasis Kepuasan Siswa. Bogor: Ghalia Indonesia., 2010.
Yuliati, Ana, and Mariam Ulfa. "Pengembangan Bahan Ajar LKS Berorientasi Pendekatan Komunikatif Berbasis Tugas." Jurnal Universitas Muhammadiyah 2, no. 9 (2017): 189 – 203.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
-
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
-
NonCommercial — You may not use the material for commercial purposes.
-
NoDerivatives — If you remix, transform, or build upon the material, you may not distribute the modified material.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.







