PENINGKATAN KETERAMPILAN GURU MEMANFAATKAN MEDIA IT DALAM PEMBELAJARAN MELALUI WORKSHOP TPOEG

Penulis

  • Wahyu Purwanto Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lumajang

DOI:

https://doi.org/10.54124/jlmp.v19i1.59

Abstrak

Pembimbingan dan pelatihan melalui Workshop The Power of Edu Game (TPOEG) bertujuan untuk meningkatkan keterampilan pemanfaatan media IT oleh guru di SMP Negeri 1 Lumajang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan sekolah. Instrumen penelitian ini yaitu lembar observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan workshop TPOEG dapat meningkatkan keterampilan guru dalam pemanfataan media IT pada siklus I sebesar 80,33% menjadi 90,56%. Hal tersebut juga didukung data tingkat kebahagiaan siswa (well-being student) setelah mengikuti edu games dengan respon siswa rata-rata 90,36% atau sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut, integrasi edu games terbukti dapat membuat pembelajaran menjadi menyenangkan bagi siswa, oleh karenanya guru dapat merekomendasikan dalam pembelajaran selanjutnya. Pengembangan lebih lanjut terkait integrasi edu games dalam pembelajaran dapat dilakukan melalui Musyawarah Guru Mata Pelajaran Sekolah (MGMPS).

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Alincak. 2016. Evaluation of Opinions of Primary School Teachers on the Method of Education with Game. European Journal of Physical Education and Sport Science, 2(3): 81-96.

Creswell, J.W. 2013. Penelitian Kualitatif dan Desain Riset. Yogyakarta: PT Pustaka Pelajar.

Dindik Pemprov Jatim. 2020. Panduan Kerja Pengawas Sekolah di Era New Normal. Surabaya: Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur.

Jasmiati. 2019. Peningkatan Kompetensi Guru Memanfaatkan Media Pembelajaran Berbasis IT melalui IHT di Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal ilmu Pendidikan, 19(1): 73-77.

Kemendikbudristek. 2021. Buku Panduan Pelaksanaan Pelatihan Implementasi Pembelajaran di Satuan Pendidikan (In House Training). Jakarta: Dirjen GTK Kemendikbudristek.

Lestari, M.O., Safitri, A. 2022. Meningkatkan Kemampuan Guru Anak Usia Dini dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran Melalui Workshop Alat Permainan Edukatif. JURMA: Jurnal Program Mahasiswa Kreatif, 6(1): 106-114.

Miluningtias, S., dan Shofiyah, N. 2021. Penerapan Game Edukasi Terintegrasi Kearifan Lokal Berbasis Android terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Daring. Jurnal IPA Terpadu, 4(2): 74-84.

Mohammad, H., Fayyoumi, A., dan Al-Shathry. 2015. Do We Have to Prohibit the Use of Mobile Phones in classrooms?. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 9(2): 54-74.

Muhson, A. 2010. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntasi Indonesia, 8(2): 1-10.

Muzdalipah, I., Rustina, R., Akbar, R.R. 2020. Workshop Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Information and Communication Technology (ICT). BERNAS: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(3): 202-208.

Noble, T, et.all. 2008. Scoping Study into Apprpaches to Student Wellbeing. Australia: Erebus International.

Nurhayati, E. 2020. Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran Daring melalui Media Game Edukasi Quizziz pada Masa Pencegahan Penyebaran Covid-19. Jurnal Paedagogy, 7(3): 145-150.

www.Liveworksheet.com. 2022. Interactive Worksheets Maker for All. (Online), (https://es.liveworksheets.com/abouthis_es.asp), diakses 23 Juni 2022.

Permenpan RB Nomor 16 Tahun 2009 Tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.

Permenpan RB Nomor 14 Tahun 2016 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 21 Tahun 2010 Tentang Jabatan Fungsional Pengawas Sekolah dan Angka Kreditnya.

Permendiknas RI Nomor 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi dan Kompetensi Guru.

Rohmawati. 2021. Penggunaan Education Game untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA bilogi Konsep Klasifikasi Makhluk Hidup. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1): 75-81.

Rosmaliwarnis. 2021. Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK) melalui Workshop Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 6(3): 778-787.

Suriyanti, Y., dan Thoharudin, M. 2019. Pemanfaatan Media Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Keterampilan Guru IPS Terpadu. Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1): 117-121.

Waitlem dan Risman. 2017. Praktik Praktis Penulisan Karya Tulis Ilmiah untuk Guru. Padang: CV Visigraf.

Widya, M.A.A., dkk. 2021. Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Game Edukatif di Era New Normal. Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1): 17-22.

Unduhan

Diterbitkan

30-06-2022

Cara Mengutip

Purwanto, Wahyu. “PENINGKATAN KETERAMPILAN GURU MEMANFAATKAN MEDIA IT DALAM PEMBELAJARAN MELALUI WORKSHOP TPOEG”. Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan 19, no. 1 (Juni 30, 2022): 11–17. Diakses Februari 13, 2025. https://jlmp.kemdikbud.go.id/index.php/jlmp/article/view/59.