PENERAPAN HISTORY GUIDE PROJECT BERBANTUAN MEDIA SERI PETUALANGAN JANUS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.54124/jlmp.v20i1.83Kata Kunci:
History Guide Project, IPS, Media JanusAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) penerapan History Guide Project berbantuan media Seri Petualangan Janus; 2) peningkatkan hasil belajar; dan 3) peningkatan aktivitas siswa. Penelitian ini mengikuti prosedur penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi lembar observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kualitas pembelajaran oleh guru dikelas yaitu siklus I 87,63% kategori sangat baik menjadi 94,28% pada siklus II kategori sangat baik. Hasil belajar kogntif siswa juga terjadi peningkatan yaitu siklus I dengan nilai rata-rata 80,96 menjadi 85,48 di siklus II. Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan yaitu siklus I 80,83% kategori sangat baik meningkat pada siklus II dengan skor 90,83% kategori sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan bahwa kombinasi model dan media pembelajaran yang tepat dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas.
Unduhan
Referensi
Alhafidz, M.R.L & Haryono, A. (2018).” Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Ekonomi”. Jurnal Pendidikan Ekonomi 11(2), 118-124. https://dx.doi.org/10.17977/UM014v11i22018p0
Anggiehla, A., Misdalina, Nuranisa. (2021). “Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif pada Peserta Didik Kelas XI IPS di SMAN 1 Talang Ubi Kabupaten Palu.” Jurnal Harmony 4(1), 33-38. https://doi.org/10.15294/harmony.v4i1.34920
Baidowi, A., Sumarmi, S., & Amirudin, A. (2016). Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan menulis karya ilmiah geografi siswa sma. Jurnal Pendidikan Geografi, 20(1). http://dx.doi.org/10.17977/pg.v20i1.5011
Fikriyah, M., & Gani, A. A. (2015). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Disertai Media Audio-Visual Dalam Pembelajaran Fisika Di Sman 4 Jember. Jurnal pembelajaran fisika, 4(2).
Jusita, M.L. (2019). “Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa”. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS 4(2), 90-95. http://dx.doi.org/10.17977/um022v4i22019p90
Hopkins, D. Panduan Guru Penelitian Tindakan Kelas-A Teacher’s Guide To Classroom Research.Yogjakarta: Pustaka Pelajar, 2011.
Kusadi, N. M. R., Sriartha, I. P., & Kertih, I. W. (2020). Model pembelajaran project based learning terhadap keterampilan sosial dan berpikir kreatif. Thinking Skills and Creativity Journal, 3(1), 18-27. https://doi.org/10.23887/tscj.v3i1.24661
Lestari, A.G. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek pada Mata Pelajaran IPS di MTs Negeri 1 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Heritage: Journal of Social Studies 2(1), 33-49. https://doi.org/10.35719/hrtg.v2i1.45
Lestari, N. (2019). Penerapan model pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SD Ar-Rahman Misriadi Desa Stabat Lama Langkat. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 1(1), 13-23. https://doi.org/10.32696/pgsd.v1i1.345
Mananeke, C. A., & Warouw, Z. W. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Pada Materi Sistem Gerak Pada Tumbuhan. SCIENING: Science Learning Journal, 2(2), 75-81. https://doi.org/10.53682/slj.v2i2.964
Mariatun, I.L & Marwah. (2021). Pengembangan Media Mobile Learning Berbasis Android Mata Pelajaran IPS Materi Pokok Ekonomi Siswa Kelas VII MTs Al-Hidayah. Jurnal Kewirausahaan 4(1), 31-39.
Mekarsari, R.D. & Suprijino, A. (2019). “Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IPS Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri Kabuh Jombang”. Jurnal Avatara 7(3), 1-7.
Mulyana, E., Juariah, J., Suherman, A., Widyanti, T., & Supriyatna, A. IMPLEMENTASI MODEL PROJECT BASED LEARNING DALAM RANGKA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF. Sosial Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan IPS, 2(1), 25-32. http://dx.doi.org/10.26418/skjpi.v2i1.54119
Muzzilawati, S., Aeni, A. N., & Hanifah, N. (2017). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation berbantuan media potret budaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 2101-2110. https://doi.org/10.17509/jpi.v2i1.12427
Nopiana, E., Siswantoro., & Sulistiasih. (2017). “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Hasil Belajar IPS”. Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(10), 1-10. http://dx.doi.org/10.23960/pdg
Nurindah & Kasman. (2021). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Android Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Teknologi Pendidikan 10(1), 1-12. https://doi.org/10.34005/akademika.v10i01.1311
Oktavianto, D. A. (2017). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan Google Earth Terhadap Keterampilan Berpikir Spasial. Jurnal Teknodik, 059-059. https://doi.org/10.32550/teknodik.v21i1.227
Pratama, G. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran CRH Berbantuan Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar IPS. Journal for Lesson and Learning Studies, 1(1), 52-63. https://doi.org/10.23887/jlls.v1i1.14628
Rodliyatin, S., Subiki, S., & Harijanto, A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Dengan Memanfaatkan Lingkungan Sekitar Terhadap Hasil Dan Aktivitas Belajar Fisika Siswa (Studi Pada Materi Fluida Di SMK Negeri 2 Jember). Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(4), 404-411.
Saerozi. (2017). “Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berorientasi Ecopreneurship dan Motivasi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Pengelasan di Sekolah Menengah Kejuruan”. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin 17(1), 43-49.
Schunk, D.H. (2012). Teori-Teori Pembelajaran-Perspektif Pendidikan Edisi keenam. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.
Sulistyowati, S., Reffiane, F., & Handayani, D. E. (2020). Pengaruh model pembelajaran project based learning berbasis etnosains tema ekosistem terhadap aktivitas belajar siswa. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 6(2), 120-132.
Setiadi, M.E & Ghofur, M.A. (2020). “Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android dengan Pendekatan Kontekstual pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS”. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan 20(3), 291-307. http://dx.doi.org/10.30651/didaktis.v20i3.5187
Setyowati, D. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Mata Pelajaran IPS Bagi Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 4(2), 715-725. https://doi.org/10.26740/jrpd.v4n2.p715-725
Sutrisna, G.B.B., Sujana, I.W., & Ganing, N.N. (2019). “Model Project Based Learning Berlandaskan Tri Hita Karana Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS”. Jurnal Adat dan Budaya 1(2), 84-93. https://doi.org/10.23887/jabi.v2i2.28898
Triani, W., Zulkarnain, Z., & Utami, R. K. S. (2015). Pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar geografi. JPG (Jurnal Penelitian Geografi), 3(7).
Trihartini, D. & Ginanjar, A. (2021). “Pengembangan Aplikasi Go Social Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran IPS pada Materi Kedatangan Bangsa-Bangsa Barat ke Indonesia Kelas VIII di SMP Negeri 11 Semarang”. Jurnal Sosiolum 3(2), 155-160. https://doi.org/10.15294/sosiolium.v3i2.51267
Turyati, Hartati, S., & Nugraheni, N. (2019). “Effectiveness of Project Based Learning (PjBL) to Improve Natural Science Learning Outcomes Of Grade IV Students”. Elementary School Teacher, 3(1), 34-39. https://doi.org/10.15294/est.v3i1.27921
Utami, N., Gimin, G., & Riadi, R. M. (2022). Pengaruh Media Mobile Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMAN 15 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 15815-15823.
Widiastika Asti, M., Hendracipta, N., & A Syachruroji, A. S. (2021). Pengembangan media pembelajaran mobile learning berbasis android pada konsep sistem peredaran darah di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 47-64. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.602
Widiastuti, D. A. (2021). Peranan Model Pembelajaran berbasis Proyek dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik pada Pelajaran IPS SMPN 4 Pangalengan. Pelita Bumi Pertiwi, 2(02), 55-69.
Wulandari, D. A., Murnomo, A., Wibawanto, H., & Suryanto, A. (2019). Pengembangan Mobile Learning berbasis Android pada Mata Pelajaran Rekayasa Perangkat Lunak di SMK Sultan Trenggono Kota Semarang. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK), 6(5), 577-584. DOI: 10.25126/jtiik.20196994
Yuliana, L.M., & Widjaja, S.U.M. (2021). “Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek (Project-Based Learning) untuk Peningkatan High Order Thinking Skills Siswa SMA pada pembelajaran ekonomi”. Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Pendidikan, 1(12), 1195-1207. DOI: 10.17977/um066v1i122021p1195-1207
Yuliani, A.R. (2017). “Pengembangan Aplikasi Mobile Learning (M-Learning) Berbasis Android Sebagai Sumber Belajar IPS Pada Materi Kelangkaan Sumber Daya Dan Kebutuhan Manusia”. Journal Social Studies, 6(2), 114-128.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-nc-nd/4.0/88x31.png)
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
-
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
-
NonCommercial — You may not use the material for commercial purposes.
-
NoDerivatives — If you remix, transform, or build upon the material, you may not distribute the modified material.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.