PENGGUNAAN QR CODE DALAM PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL BERWAWASAN LINGKUNGAN
DOI:
https://doi.org/10.54124/jlmp.v19i2.80Kata Kunci:
PENGGUNAAN QR CODE DALAM PEMBELAJARANAbstrak
QR Code merupakan salah satu inovasi pengembangan media literasi digital dalam edentifikasi tanaman di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui respon peserta didik tentang pengembangan media literasi digital sebagai inovasi identifikasi tanaman di sekolah. Sedangkan Respon peserta didik diperoleh dari analisis angket oleh 30 peserta didik SMP Negeri 1 Jatiroto. Hasil Uji instrumen didapatkan hasil bahwa QR Code sebagai Inovasi Literasi digital Identifikasi Tanaman yang dikembangkan menunjukkan hasil positif dengan hasil persentase 93,27%. Hal ini berarti QR Code sebagai inovasi literasi digital dalam identifikasi tanaman sekolah dapat digunakan dalam pembelajaran dan mendukung literasi digital berwawasan lingkungan.
Kata Kunci: Penggunaan QR Code, Pembelajaran Discovery Learning, Literasi Digital, Berwawasan Lingkungan
Unduhan
Referensi
Afaraby, F. Z. F., Yusiana, L. S., & Utami, N. W. F. (2021). Perancangan taman edukasi di Sekolah Harapan Bunda Jimbaran. Jurnal Arsitektur Lansekap, 7(1), 41. https://doi.org/10.24843/jal.2021.v07.i01.p05
Charis Fathul Hadi, Ratna Mustika Yasi, C. A. (2022). Aplikasi Teknologi QR Code Pada Identifikasi Tumbuhan Di Wisata De-Djawatan. Jurnal Teknologi dan Pengabdian Masyarakat (TEKIBA), 2(1), 7–12.
Education. (n.d.). Quality Assurance in Education"Examining student satisfaction with higher education services: Using a new measurement tool".
Ginardi, R. V. H., Laksono, R. A., Husni, M., Ghozali, K., & Hariadi, R. R. (2021). Student responses in environmental education using information technology at the Purwodadi Botanical Garden. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 623(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/623/1/012012
Hendra, Y. (2020). Perancangan Augmented Reality Dalam Media Pembelajaran Sistem Anatomi Tumbuhan Sekolah Dasar Berbasis Android. Journal of Information System and Technology, 1(2), 1–15.
Hendrasari, R. S., & Antara, A. N. (n.d.). Peningkatan Pengetahuan Dan Kesadaran Pola Hidup Bersih Dan Sehat Pada Anak Usia Dini Di Sekolah Alam Beniso Yogyakarta Eviany , S . Pd . AUD ., M . Psi berdasarkan keprihatinannya akan biaya pendidikan Dengan konsep Sekolah Alam , Sekolah Alam Beniso men. 2044–2052.
Ibrahim, F., Masyhur, Z., & ... (2021). Sistem Informasi Pengenalan Tanaman Menggunakan QR Code Scanner. Journal Software …, 24–34. http://shift.sin.fst.uin-alauddin.ac.id/index.php/shift/article/view/4
Ismail, M., Ghazali Syam, A., & Masnur, M. (2021). APLIKASI QR CODE SEBAGAI SARANA PENYAMPAIAN INFORMASI POHON DIKEBUN RAYA JOMPIE Informasi Artikel. Jurnal Sintaks Logika, 1(1), 2775–412. https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/sylog
Jamila, J., Muchtar, N., Hidayah, M. N., & Askid, A. (2021). Penghijauan Sekolah dan Pembuatan Green House di SMK Negeri 1 Polewali. Journal Lepa-Lepa Open, 1(32), 496–502. https://ojs.unm.ac.id/JLLO/article/download/18762/pdf
Jumarto, K., Seran, T., & Blegur, W. A. (2022). PENGEMBANGAN APLIKASI SISTEM PENCANDRAAN TANAMAN DI KAWASAN LAHAN KERING MENGGUNAKAN QR CODE Studi Kasus Universitas Timor Kefamenanu. 5(2622), 7–9.
Karim, A., & Muhfahroyin, M. (2022). BERBASIS QR CODE MATERI PERTUMBUHAN DAN PENDAHULUAN Pengembangan LKPD menggunakan QR Code dapat memanfaatkan smartphone sebagai media belajar dan mengubah persepsi negatip tentang smartphone yang biasanya digunakan peserta didik untuk bermain game , swafo. 72–86.
Law, C., & So, S. (2010). QR Codes in Education. Journal of Educational Technology Development and Exchange (JETDE), 3 (1), 7. https://doi.org/10.18785/jetde.0301.07
Manullang, A. S., & Hastuti, H. (2021). Inovasi Pohon Silsilah Berbasis QR-Code sebagai Media Pembelajaran Sejarah di SMA. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran, 2(4), 371–381. https://doi.org/10.24036/sikola.v2i4.139
Melga Hotma Ida Marsauli Simanjuntak, Gunarjo Suryanto Budi, & Yula Miranda. (2022). Implementasi Program Adiwiyata di Sekolah Dasar Santa Maria Kota Palangka Raya. Journal of Environment and Management, 3(1), 71–79. https://doi.org/10.37304/jem.v3i1.4292
Nasution, J. S., & Hadinata, N. (n.d.). Sistem Informasi Pendataan Dan Pemantauan Tanaman Pada Pt . Kendi Arindo Perkebunan. 468–474.
Nurrizki, F. (2021). Pengembangan Field Guide Keanekaragaman Pteridophyta di Sekitar Dusun Puyang, Kulon Progo untuk SMA/MA. Neuron: Journal of Biological Education, I, 61–72. http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/Neuron/article/view/4525
ORSIDA, F. (2021). Qr Code Materi Biodiversitas Bryophyte Untuk Melatih Literasi Sains Pada Siswa Sma / Ma.
Pebrina, A. M., & Yuliani, T. (2021). Peranan Tanaman di Sekolah Sebagai Media Pembelajaran Bagi Siswa di SDN 105306 Keriahen Tani, Sumatera Utara. … Nasional Peningkatan Mutu …, 2. http://publikasi.fkip-unsam.org/index.php/semnas2019/article/view/183
Putrayasa, I., Syahruddin, H. & Margunayasa, I. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa, II (1), hlm 1-11
Qian,J. P., Yang, X. T., Wu, X. M., Xing, B., Wu, B. G., & Li, M. (2015). Farm and environment information biderectional acquisition system with individual tree identification using smartphones for orchad precision management. Computers and Electronics in agriculture, 116, 101-108. https://doi.org/10.1016/j.compag.2015.06.003
Qohar, A. (2011). Pengembangan instrumen komunikasi matematis untuk siswa SMP. Seminar Nasional Pendidikan Matematika LSM XIX. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Rahmadhani, V., Arum, W., Bhayangkara, U., Raya, J., Bhayangkara, U., & Raya, J. (2022). LITERATURE REVIEW INTERNET OF THINK ( IOT ): SENSOR , KONEKTIFITAS DAN QR CODE. 3(2), 573–582.
Sahara, D., Studi, P., Guru, P., & Dasar, S. (2016). Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas sriwijaya inderalaya 2016.
Sejati, M. W., & Sayekti, I. C. (2022). QR Code Card Media on Science Learning to Overcome Misconception of Elementary School Student. Proceedings of the International Conference of Learning on Advance Education (ICOLAE 2021), 662(Icolae 2021), 22–27. https://doi.org/10.2991/assehr.k.220503.003
Sultan, P., & Ahmad, H. (2022). Explore plants with QR code features in campus areas. October 2021.
Takahashi, A., & McDougal, T. (2016). Collaborative lesson research: maximizing the impact of lesson study. ZDM - Mathematics Education. https://doi.org/10.1007/s11858-015-0752-x
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
-
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
-
NonCommercial — You may not use the material for commercial purposes.
-
NoDerivatives — If you remix, transform, or build upon the material, you may not distribute the modified material.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.