PENERAPAN STRATEGI MENTOR-MENTORING BERMEDIA LINKTREE UNTUK MENINGKATKAN ADOPTION RATE RAPOR PENDIDIKAN SEKOLAH BINAAN
DOI:
https://doi.org/10.54124/jlmp.v21i1.124Kata Kunci:
Pendampingan, Mentor, Monitoring, Rapor PendidikanAbstrak
Penggunaan rapor pendidikan sebagai alat evaluasi kinerja pendidikan seringkali tidak optimal di sejumlah satuan pendidikan. Hal ini mengindikasikan rendahnya tingkat adopsi rapor pendidikan sebagai instrumen evaluasi yang efektif. Artikel ini mengeksplorasi penerapan pendampingan dengan strategi Mentoring-Monitoring sebagai upaya untuk meningkatkan adopsi rapor pendidikan. Metode penelitian yang digunakan melibatkan pendekatan deskriptif kualitatif pada 10 sekolah binaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendampingan dengan strategi Mentoring-Monitoring sangat efektif meningkatkan adopsi rapor pendidikan di satuan pendidikan binaan. Pasca kegiatan mentoring hasil adopsi rapor pendidikan meningkat dari 0 sekolah menjadi 10 sekolah atau meningkat 100% dalam adoption rate rapor pendidikan. Hal tersebut juga berdampak pada meningkatnya adoption rate kabupaten yaitu mengalami peningkatan 48,89% untuk indikator eksplorasi rapor pendidikan. Adapun langkah kegiatan Monitoring pada strategi Mentor-Monitor berfungsi untuk memastikan keberhasilan adoption rate rapor pendidikan dengan pemanfaatan secara kualitas sebagai bentuk upaya membenahi sekolah melalui perencanaan berbasis data.
Unduhan
Referensi
Asmani & Mustofa. (2013). Panduan Internalisasi Pebdidikan karakter di Sekolah. Yogyakarta: Diva Press.
Bailey, M. D., & Michaels, D. (2019). An Optimization-based DSS for Student-to-Teacher Assigment: Classroom Heterogenity and Teacher Performance Measures. Decision Support Systems, 119(January), 60-71.
Bryson, J. M. (2004). Strategic Planning and Decision-making for public and Non-Profit Organizations. In Jossey-Bass. https:doi.org/10.4324/978131560686.
Carlson, D., Borman, G. D., & Robinson, M. (2011). A Multistate District-Level Cluster Randomized Trial of the Impact of Data-Driven Reform on Reading and Mathematics Achievement. Educational Evaluation and Policy Analysis, 33(3), 378-398.
Dayal, B. (2023). Making Data Work for You: Overcoming Key Challenges in Enterprise Data Strategy. (Online), (https://www.linkedin.com/pulse/making-data-work-you-overcoming-key-challenges-enterprise-bipin-dayal).
Hanafiah, Saadah, E., Suparman, Hadian, M. H. (2023). Manajemen Pendmapingan Pengawas Sekolah terhadap Kepala Sekolah dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Journal of Education Research, 4(4),2219-2227.
Jasmine. (2021). Apa itu Linktree dan Manfaat Linktree?. Retrieved April 08, 2024. (Online), (https://academy.desty.app/apa-itu-linktree-dan-manfaat-linktree-yang-wajib-kamu-tahu/).
Jones, A., & Wang, L. (2018). The Role of Mentoring in Promoting Professional Development and Implementation of Educational Initiatives. Journal of Teacher Education, 69(2), 123–135.
Masliah. (2019). Pengembangan Model Supervisi Akademik Teknik Mentoring dalam Upaya Peningkatan Mutu Pembelajaran. Indonesia Journal of Education Management & Administration Review, 3(2), 125-134.
Musakirawati, dkk. (2023). Pemanfaatan Platform Rapor Pendidikan Indonesia terhadap Perencanaan Berbasis Data. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan (JDMP), 7(2): 201-2018.
Ningsi, G. P., Kurnila, V. S., & Jundu, R. (2022). Pendampingan Sekolah melalui Pelatihan Perencanaan Berbasis Data sebagai Langkah Awal Penyusunan Program Sekolah. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(6), 4725-4735.
Praptono. (2023). Dokumen Oprasional Siklus Pendampingan Pengawas Sekolah. Kemendikbudristek: Direktorat KSPSTK.
Renova, A., Idrus, A., & Suratno. (2022). Linktree sebagai Multimedia Pembelajaran Online dalam Pemahaman Konsep Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Jurnal Ilmiah Bina Edukasi, 15(2), 101-115.
Rusman. (2012). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta.
Schildkamp, K., Karbautzki, L., Breiter, A., Marciniak, M., & Ronka, D. (2012). The Use of Dara Across Countries: Development and Application of a Data Framework. In IFIP Conference on Information Technology in Educational Management, 27-88. Springer, Berlin, Heidelberg.
Shakman, M. (2017). Urgensi Perencanaan Pendidikan di Sekolah Dasar. Pelita Bangsa Pelestari Pancasila, 12(2), 142-159.
Shintia, D., Asbari, M., Khairunisa, F., & Azizah, N. (2023). Rapor Pendidikan Indonesia: Quo Vadis Kualitas Pendidikan Indonesia?. JISMA (Journal of Information Systems and Management, 2(06), 18-21.
Sudarta, K. (2017). Monitoring dan Mentoring untuk Meningkatkan Kemampuan Kepala sekolah dalam Supervisi Akademik di SMP Negeri 4 Arga Makmur. Jurnal Georafflesia, 2(1), 61-72.
Sumarni, B. (2023). Berdasarkan Rapor Satuan pendidikan Dalam Menyusun Rencana Kerja Tahunan Dapat Meningkatkan Kompetensi Kepala Sekolah. ACADEMIA: Jurnal Inovasi Riset Akademik, 3(1), 10-16.
Syamsudin, M. A., & Harianto, B. T. (2023). Analisis Rapor Pendidikan sebagai Dasar Penyuusnan Program Berbasis Data. Khazanah Intelektual, 7(2), 1717-1732.
Tey, S. K., Tan, A. L., & Abdullah, N. A. (2020). Understanding Complexity in Educational Contexts: The Case Study Approach. International Journal of Educational Management, 34(3), 446-458.
UNESCO. (2006). Handbook on Monitoring and Evaluating for Results. United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization.
Widi. (2021). Apa itu Linktree?. Retrieved April 08, 2024. (Online), (https://linktr.ee/help/linktree-ff524ba1864c/id/articles/5434130-apa-itu-linktree).
Zeichner, K., & Noffke, S. E. (2001). Practitioner Research. In V. Richardson (Ed.), Handbook of Research on Teaching (4th ed., pp. 298-330). Washington, DC: American Educational Research Association.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
-
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
-
NonCommercial — You may not use the material for commercial purposes.
-
NoDerivatives — If you remix, transform, or build upon the material, you may not distribute the modified material.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.