PENGEMBANGAN KELAS VIRTUAL BERBASIS FLIPPED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SAINS SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.54124/jlmp.v21i1.122Kata Kunci:
Kelas Virtual, Flipped Learning, SainsAbstrak
Rendahnya kemampuan siswa dalam aktivitas belajar mempengaruhi terhadap tingkat penguasaan konsep sains siswa di kelas. Penelitian ini bertujuan mengembangkan kelas virtual dengan model flipped learning untuk meningkatkan penguasan konsep sains bagi siswa kelas VI SDN Pulau Kelapa 02 Pagi. Teknik pengambilan data dalam penelitian pengembangan adalah dengan memperoleh validasi dari para ahli, yaitu ahli media, bahasa, dan ahli materi, melalui wawancara, observasi, dan tes hasil belajar untuk siswa. Analisis data dilakukan dengan penyajian data dan penarikan kesimpulan dan data kuantitatif dilakukan dengan menkonversi hasil asesmen siswa dengan ketuntasan kriteria minimum. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil validasi ahli media 98%, ahli Bahasa 92% dan ahli materi 98% dengan rata-rata 96% dan hasil tersebut dapat dikategorikan sangat valid. Tingkat kepraktisan pengembangan kelas virtual ini mencapai angka 96% dan dikategorikan sangat praktis apabila diterapkan di sekolah dasar. Untuk penguasan konsep materi IPA juga terlihat memiliki dampak yang positif yaitu tingkat ketuntasan siswa mencapai 88,8%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa pengembangan kelas virtual dengan strategi flipped learning memiliki dampak terhadap peningkatan penguasan konsep sains siswa di kelas VI serta menumbuhkan minat, aktivitas belajar dan pemecahan masalah pada siswa.
Unduhan
Referensi
Agustin, Y. I., & Rindaningsih, I. (2013). Flipped Classroom-Based Realistic Mathematics Learning Framework for Students ’ Interest in Learning in the Post- Pandemic Period [ Framework Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Flipped Classroom terhadap Minat Belajar Siswa di Masa Pasca Pandemi ]. UMSIDA Preprints Server, 1–9.
Agustini, M. (2021). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Flipped Classroom melalui Aplikasi Google Classroom. Indonesian Journal of Educational Development, 2(2), 280–289. https://doi.org/10.5281/zenodo.5244420
Astini, N. K. S. (2019). Pentingnya Literasi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Bagi Guru Sekolah Dasar Untuk Menyiapkan Generasi Milenial. Prosiding Seminar Nasional Dharma Acarya, 1(2018), 113–120.
Aulia, D., & Riefani, M. K. (2021). Google Site as a Learning Media in the 21st Century on the Protista Concept. Jurnal Biologi Inovasi Pendidikan (BIO-INOVED), 3(3), 173–178.
Dasna, I. W., Laksana, D. N. L., & Sudatha, I. G. W. (2016). Desain dan Model Pembelajaran Inovatif dan Interaktif (Cetakan ke). Universitas Terbuka.
DeLozier, S. J., & Rhodes, M. G. (2017). Flipped Classrooms: a Review of Key Ideas and Recommendations for Practice. Educational Psychology Review, 29(1), 141–151. https://doi.org/10.1007/s10648-015-9356-9
Eppard, J., & Rochdi, A. (2017). A framework for flipped learning. Proceedings of the 13th International Conference on Mobile Learning 2017, ML 2017, 33–40.
Farida, R., Alba, A., Kurniawan, R., & Zainuddin, Z. (2019). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM DENGAN TAKSONOMI BLOOM PADA MATA KULIAH SISTEM POLITIK INDONESIA. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(2), 104. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n2.p104--122
Hayati, F. (2021). Peningkatan Kemampuan Siswa Membaca Teks Procedure Melalui Blended Learning Berbantuan Google Classroom. Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan, 18(1), 143–151. https://doi.org/10.54124/jlmp.v18i1.13
Hidayat, H. (2022). Pengembangan Hybrid Learning Model Pada Pembelajaran Ipa Di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif. Jurnal Guru Dikmen Dan Diksus, 5(2), 267–284. https://doi.org/10.47239/jgdd.v5i2.454
Hidayat, H., Hidayat, O. S., & Widiasih, W. (2023). Development of Google Sites-Based Learning Resources to Improve Mastery of Concepts and Process Skills in Electrical Circuit Materials. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(6), 4624–4631.
Jamilah, J., Sukitman, T., & Mulyadi, M. (2021). Flipped Classroom: Innovative Learning To Increase the Learning Motivation of Elementary School Students in the Digital Age. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 33. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v7i1.4802
Lemley, J. B., Schumacher, G., & Vesey, W. (2014). What Learning Environments Best Address 21st-Century Students’ Perceived Needs at the Secondary Level of Instruction? NASSP Bulletin, 98(2), 101–125. https://doi.org/10.1177/0192636514528748
Linawati, Mustaji, & Subroto, W. (2021). Efektivitas Kelas Virtual pada Siswa Sekolah Dasar: Literature Review. Pionir: Jurnal Pendidikan, 10(2), 59–66.
Lo, C. K., & Hew, K. F. (2017). A critical review of flipped classroom challenges in K-12 education: possible solutions and recommendations for future research. Research and Practice in Technology Enhanced Learning, 12(1). https://doi.org/10.1186/s41039-016-0044-2
Maolidah, I. S., Ruhimat, T., & Dewi, L. (2017). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom Pada peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa. Edutcehnologia, 3(2), 160–170.
Mirlanda, E. P., Nindiasari, H., & Syamsuri, S. (2019). Pengaruh Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 4, 38–49. https://doi.org/10.23969/symmetry.v4i1.1638
Nuraeni, Z., Indaryanti, I., & Sukmaningthias, N. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bercirikan CTL Berbantuan GeoGebra Menggunakan Model Flipped Learning. Jurnal Elemen, 7(1), 58–69. https://doi.org/10.29408/jel.v7i1.2723
Nurtamam, M. E., Santosa, T. A., Tubagus, M., & ... (2023). Efektivitas Pembelajaran Flipped Learning Berbasis Internet of Things (IoT) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa: Meta-analysis. Innovative: Journal Of …, 3, 3468–3482. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/2256%0Ahttp://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/download/2256/1781
Piers, M. R. and J. (2017). Competency-Based Blended Learning : Flipping Professional Practice Classes to Enhance Competence Development Mark Ragg Eastern Michigan University , United States of America James Piers Hope College , United States of America. IAFOR Journal of Education, 5(special issue), 47–66.
Rindaningsih, I., Hastuti, W. D., & Findawati, Y. (2019). Desain Lingkungan Belajar yang Menyenangkan Berbasis Flipped Classroom di Sekolah Dasar. Proceedings of The ICECRS, 2(1), 41–47. https://doi.org/10.21070/picecrs.v2i1.2452
Sahara, R., & Sofya, R. (2020). Pengaruh Penerapan Model Flipped Learning dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ecogen, 3(3), 419. https://doi.org/10.24036/jmpe.v3i3.9918
Sari, S. G., Rozimela, Y., & Yerizon, Y. (2023). Praktikalitas Pengembangan Pembelajaran Flipped Classroom berbantuan Media Interaktif pada Materi Bangun Ruang Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1020–1028. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2233
Sari, S. P., Siregar, E. F. S., & Lubis, B. S. (2021). Pengembangan Pembelajaran Blended Learning Berbasis Model Flipped Learning untuk Meningkatkan 6C For HOTS Mahasiswa PGSD UMSU. Jurnal Basicedu, 5(5), 3460–3471. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1334
Soesilo, A., & Munthe, A. P. (2020). Pengembangan Buku Teks Matematika Kelas 8 Dengan Model ADDIE. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 231–243. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p231-243
Sukma, R. R., Ismiyanti, Y., & Ulia, N. (2022). Pengaruh Blended Learning dengan model Flipped Classroom berbantuan video terhadap hasil belajar kognitif kompetensi IPA kelas V. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 142. https://doi.org/10.30659/pendas.9.2.142-156
Winarni, E. W. (2018). Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Research and Development (R & D). In Bumi Aksara. Bumi Aksara. https://bumiaksaraonline.com/index.php?route=product/product&product_id=800
Yutta Meira TesalonikaNur, M. M. I. S. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Flipped Classroom untuk Meningkatkan Kemandirian pada Muatan Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
-
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
-
NonCommercial — You may not use the material for commercial purposes.
-
NoDerivatives — If you remix, transform, or build upon the material, you may not distribute the modified material.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.