DAMPAK UANG SAKU TERHADAP KEINGINAN BELAJAR MATEMATIKA PADA MURID SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.54124/jlmp.v21i1.121Kata Kunci:
Uang Saku, Keinginan Belajar, Matematika, Sekolah DasarAbstrak
Penelitian ini menggunakan metodologi korelasional simetris dengan tujuan untuk menyelidiki hubungan antara pemberian uang saku dan tingkat keinginan dalam pembelajaran matematika di kalangan murid kelas VI di SD Muhammadiyah Pulokadang. Sebanyak 30 murid berpartisipasi sebagai sampel dalam penelitian ini. Informasi dikumpulkan melalui administrasi kuesioner dan pemeriksaan dokumentasi yang relevan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik statistik deskriptif serta metode statistik inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa skor rata-rata untuk kuesioner pemberian uang saku adalah 59,3, menunjukkan kategori baik, sementara skor rata-rata untuk kuesioner keinginan dalam pembelajaran matematika adalah 66,40, yang juga menunjukkan kategori sangat baik. Uji korelasi Pearson product-moment dilakukan dengan tingkat signifikansi ditetapkan pada 5%, menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,029, yang kurang dari 0,05. Oleh karena itu, ditolak. Berdasarkan temuan ini, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara pemberian uang saku dan tingkat keinginan dalam pembelajaran matematika di kalangan murid. Selain itu, ini juga menunjukkan bahwa pemberian uang saku dapat memiliki pengaruh positif terhadap tingkat keinginan dalam pembelajaran matematika di kalangan murid kelas VI di SD Muhammadiyah Pulokadang.
Unduhan
Referensi
Alfin, S. D., & Mulyeni, S. (2024). Metode Pendidikan Akhlak Sejak Usia Dini. Indonesian Journal of Social Science, 2(1), 23–37. https://doi.org/10.58818/ijss.v2i1.45
Aryanto, S. (2023). Implementasi Pembelajaran Literasi Finansial di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 1883–1894. https://doi.org/10.31949/jee.v6i4.6943
Assah, D. N., & Nurlailah, N. (2022). Pengaruh Uang Saku dan Gaya Hidup terhadap Minat Menabung. Jurnal Kolaboratif Sains, 5(6), 333–342. https://doi.org/10.56338/jks.v5i6.2501
Azis, N., & Amiruddin. (2020). Motivasi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(1), 56–74. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/3344
Budhayanti, C. I. S., Wijayanti, S. H., & Emmily, D. V. (2022). Analisis Instruksional Pembelajaran Terpadu Berbasis Literasi Budaya Pada Pelajaran Matematika Dan Bahasa Indonesia. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 70–81.
Fatimah, Fitria, Y., & Erita, Y. (2023). Pengaruh Pembelajaran Tematik Terpadu Connected Terhadap Pembelajaran Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Perseda, 4(2), 110–120. https://jurnal.ummi.ac.id/index.php/perseda
Hijjayati, Z., Makki, M., & Oktaviyanti, I. (2022). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Baca-Tulis Siswa Kelas 3 di SDN Sapit. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3b), 1435–1443. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3b.774
Iradianty, A., & Azizah, P. Z. (2023). Analisis Pengaruh Literasi Keuangan, Sosialisasi Keuangan Keluarga, dan Uang Saku Terhadap Minat Menabung pada Siswa Usia Remaja Kota Yogyakarta. Jurnal Orientasi Bisnis Dan Entrepreneurship (JOBS), 4(1), 13–22. https://doi.org/10.33476/jobs.v4i1.3600
Kamila, A. (2023). Pentingnya Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Moral dalam Membina Karakter Anak Sekolah Dasar. Al-Furqan: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 2(5), 321–338. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK558907/
Khoeriah, N. D., Nuryati, E., Samsudin, E., Mahpudin, A., & Nasir, M. (2023). Implementasi Manajemen PAUD Berbasis Pendidikan Sentra & Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila di TK Kemala Bhayangkari 30 STIK. Al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 6(2), 525–541. https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v6i2.566.Implementation
Mayasari, N., Dewantara, R., & Yuanti, Y. (2023). Pengaruh Kecerdasan Buatan dan Teknologi Pendidikan terhadap Peningkatan Efektivitas Proses Pembelajaran Mahasiswa di Jawa Timur. Jurnal Pendidikan West Science, 1(12), 851–858. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i12.863
Mutmainah, S., & Tresia, Y. (2023). Edukasi Menabung Sejak Dini Bagi Siswa Sekolah Dasar di Kawasan Tenggarong Seberang. JKPM, 3(2), 133–139.
Ndraha, I. S., Mendrofa, R. N., & Lase, R. (2022). Analisis Hubungan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Matematika. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(2), 672–681. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i2.92
Nilawati, W., Yuliandari, N. K., Utami, K. R., Hakim, A. R., Rosyidah, E., & Qory, H. I. L. A. (2022). Meningkatkan Dorongan Motivasi Ekstrinsik Dan Literasi Keuangan Demi Kemajuan Kualitas Sumber Daya Manusia di SD Negeri 7 Ketapang-Banyuwangi. Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti, 3(2), 129–139. https://doi.org/10.38048/jailcb.v3i2.974
Putri, W. A. (2023). Faktor Rendahnya Minat Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(2), 123–128. https://doi.org/10.31980/powermathedu.v2i2.3097
Ramadhani, D. A., & Muhroji, M. (2022). Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar pada Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4855–4861. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2960
Resal, A., Rahman, S. A., & Rukayah, R. (2022). Pengaruh Lingkungan Pendidikan Terhadap Minat Belajar Siswa di Sekolah Dasar. JPPSD: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(1), 103. https://doi.org/10.26858/pjppsd.v2i1.30995
Saputri, A., Fadhilaturrahmi, & Fauziddin, M. (2022). Peran Dukungan Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(3), 455–462. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i3.51036
Setiawan, A., Nugroho, W., & Widyaningtyas, D. (2022). Pengaruh Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VI SDN 1 Gamping. TANGGAP: Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar, 2(2), 92–109. https://doi.org/10.55933/tjripd.v2i2.373
Sudirman, H., Mujahidah, & Rahmah, N. (2023). Hubungan Pemberian Uang Saku dengan Minat Belajar Siswa Kelas Tinggi SDN 69 Itterung Kecamatan Tellu Siattinge Kabupaten Bone. Global Journal Basic Education, 2(2010), 143–156. https://jurnal.sainsglobal.com/index.php/gjp
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Zulkarnain, Z., Wijaya, B. S., Jaya, U. A., & Afrizal, M. (2024). Penyuluhan Peningkatan Literasi Keuangan di Kalangan Siswa dan Warga Sekolah. Journal of Human And Education, 4(1), 443–457.
Zurriyati, E., & Mudjiran, M. (2021). Kontribusi Perhatian Orang Tua Dan Motivasi Belajar Terhadap Keterlibatan Siswa Dalam Belajar (Student Engagement) Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1555–1563. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/889
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
-
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
-
NonCommercial — You may not use the material for commercial purposes.
-
NoDerivatives — If you remix, transform, or build upon the material, you may not distribute the modified material.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.