PENGEMBANGAN MEDIA BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH AGAR MENARIK MINAT PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH

Penulis

  • AKHMAD RAKHMAN Universitas Indraprasta PGRI
  • Yeni Handayani Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.54124/jlmp.v21i1.114

Kata Kunci:

Pengembangan media belajar, Minat peserta didik, Pembelajaran sejarah

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui penerapan penggunaan media belajar dalam pembelajaran sejarah pada pesera didik di SMA PKP Jakarta Islamic School. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Tekhnik penelitian ini menggunakan tekhnik observasi serta wawancara dengan narasumber. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya penggunaan media belajar pada pembelajaran sejarah dan cukup terlaksana dengan baik

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Anggito, A & Johan Setiawan. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: Jejak Publisher.

Arsyad, Azhar. (2009). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Arsyad, Azhar. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Pt Rajagrafindo Persada.

Bungin, M. Burhan. (2007). Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Creswell, J.W., (2015). Penelitian Kualitatif dan Desain Riset: Memilih Diantara Lima Pendekatan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dewitt, D., Alias, N., Siraj, S., Yaakub, M. Y., Ayob, J., & Ishak, R. (2013). The potential of Youtube for teaching and learning in the performing arts. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 103, 1118–1126. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.10.439

Hamalik, Oemar. (2009). Dasar-Dasar Pengembangan Media. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya.

Ismaniati, C. (2010). Penggunaan Teknologi Informasi dan Komuniaksi dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Universitas Yogyakarta.

Kemendikbud. (2016). Silabus Mata Pelajaran Sekolah Menengah Atas/Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah/Madrasah Aliyah Kejuruan (SMA/SMK/MA/MAK) Mata Pelajaran Sejarah Indonesia. Jakarta

Martinis Yamin. (2007). Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta: GP Press.

Moleong, L.J. (2012). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Munadi, Yudhi. (2013). Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan baru. Jakarta: Referensi.

Prastowo, Andi. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Sanjaya, Wina. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sari, M. (2016). Inovasi Pembelajaran Produktif Abad 21 dengan Smartphone dalam Pembelajaran Sejarah. Prosiding Seminar Pendidikan Nasional: Universitas Sebelas Maret.

Simanjuntak, D. (2013). Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Penabur. Vol.12:21.

Slameto. (2010). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan RND. Bandung : Alfabeta.

Supardan. (2011). Pengantar Ilmu Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.

Suryani Dan Agung. (2012). Strategi Belajar Dan Mengajar. Yogyakarta: Ombak.

Warsita, B. (2008). Teknologi Pembelajaran Landasan & Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Widja, I Gde. (1989). Pengantar Ilmu Sejarah: Sejarah dalam Perspektif Pendidikan. Semarang: Satya Wacana.

Yunus, Hadi Sabari. (2010). Metodologi Penelitian Wilayah Kontemporer. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Unduhan

Diterbitkan

28-06-2024

Cara Mengutip

RAKHMAN, AKHMAD, dan Yeni Handayani. “PENGEMBANGAN MEDIA BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH AGAR MENARIK MINAT PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH”. Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan 21, no. 1 (Juni 28, 2024): 24–27. Diakses Desember 13, 2024. https://jlmp.kemdikbud.go.id/index.php/jlmp/article/view/114.