P5P2RA TINGKATKAN KESADARAN BERBANGSA DAN BERNEGARA MELALUI TEMA KEARIFAN LOKAL SERTA KEWARGANEGARAAN DAN KEBANGSAAN
DOI:
https://doi.org/10.54124/jlmp.v20i2.110Kata Kunci:
P5P2RA, Kearifan Lokal, Kesadaran Berbangsa dan BernegaraAbstrak
Minimnya pengetahuan siswa tentang keberagaman suku, budaya, dan agama menyebabkan rendahnya kesadaran berbangsa dan bernegara. Berdasarkan hasil studi pendahuluan diketahui kurang dari 50% siswa mengetahui suku, budaya, dan agama di Indonesia, 50% siswa tidak responsif terhadap keberadaan pemeluk agama lain di lingkungan tempat tinggalnya, hanya ada 2 dari 8 siswa yang memberikan pandangan positif terhadap keberagaman agama di Indonesia, dan seringnya terjadi kasus terkait dengan chauvinisme dan pelanggaran disiplin. Diperlukan inovasi pembelajaran melalui P5P2RA dengan tema Kearifan Lokal serta Kewarganegaraan dan Kebangsaan yang dapat membuat siswa terlibat dan belajar secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran berbangsa dan bernegara pada siswa. Jenis penelitian ini kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di MTsN 28 Jakarta selama 7 pekan dari tanggal 5 Mei – 2 Juni 2023. Subjek penelitian adalah siswa kelas 7 yang berjumlah 192 siswa. Data dikumpulkan melalui pengamatan, wawancara, dokumentasi, dan angket. Analisis data dilakukan pada keempat indikator kesadaran berbangsa dan bernegara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perolehan hasil angket pada setiap indikator kesadaran berbangsa dan benegara mencapai lebih dari 75% pada setiap kelas. Begitu pun dengan data kasus terkait dengan chauvinisme dan pelanggaran disiplin mengalami penurunan hingga 50% dalam jangka waktu 3 bulan pasca pelaksanaan P5P2RA. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa P5P2RA dengan tema Kearifan Lokal serta Kewarganegaraan dan Kebangsaan dapat menumbuhkan kesadaran berbangsa dan bernegara pada diri siswa MTsN 28 Jakarta.
Unduhan
Referensi
Agama, K. (2022). KMA No. 347
Azizeh, N. (2018). Eksistensi Pesantren Membentengi Paham Radikalisma Agama: “Panca Kesadaran Santri” Pemikiran KH. Zaini Mun’im. University of Darussalam Gontor 15-16 September 2018, 272.
Dewantara, J. A., & Juliansyah, N. (2023). Identitas Nasional: Kontribusi Program P5 dalam Kurikulum Baru Guna Membangun Rasa Nasionalisme di SMP Negeri 16 Pontianak. Jurnal Kewarganegaraan, 7(1), 1-18.
Hidayat, R. (2022). Analisis Pelaksanaan Proyek Profil Pelajar Rohmatan Lil Alamien (PPRA) di Madrasah. Diskusi Periodik.
Idayanti, S. (2023). ANALISIS KESESUAIAN P5P2RA DENGAN PRINSIP PELAKSANAAN DAN DAMPAKNYA TERHADAP PERILAKU PESERTA DIDIK. Wawasan: Jurnal Kediklatan Balai Diklat Keagamaan Jakarta, 4(1), 48-66.
Jaya, I. M. L. M. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif: Teori, Penerapan, dan Riset Nyata. Anak Hebat Indonesia.
Muchamad Mufid, "Penguatan Moderasi Beragama dalam Proyek Profil Pelajar Rahmatan Lil ‘Alamin Kurikulum Merdeka Madrasah." QuranicEdu: Journal of Islamic Education 2.2 (2023): 141-154.
Mursyid, M. (2018). Pluralitas Agama dan Faham Keagamaan: Pelajaran Dari Pondok Pesantren Nurul Jadid. AT-TURAS: Jurnal Studi Keislaman, 5(2), 171-190.
Rahayu, M., Farida, R., & Apriana, A. (2019). Kesadaran Bela Negara Pada Mahasiswa. EPIGRAM (e-journal), 16(2), 175-180.
Ramdhan, M. (2021). Metode penelitian. Cipta Media Nusantara.
Sarosa, S. (2021). Analisis data penelitian kualitatif. Pt Kanisius.
Shalihah, H., & Tohet, M. (2020). Implementasi Trilogi Santri Dalam Menumbuhkan Kesadaran Berbangsa Dan Bernegara Di Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 9(2), 53-72.
Sutrisno, F. Z. R. (2023). Integrasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Guna Mengoptimalkan Projek Penguatan Pelajar Pancasila Madrasah Ibtidaiyah Di Bojonegoro. Pionir : Jurnal Pendidikan, 12(1), 54–76.
Ulaan, G. F., Lusiana, N. A., & Wahyudi, K. E. (2020). Implementasi Nilai Kesadaran Berbangsa Dan Bernegara Di Unit Kegiatan Mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur. Syntax, 2(6), 57.
Zahwa, N., Hilda, N. R., Astuti, T. K., Weryani, W., Prasetyawati, Y., & Zulkardi, Z. (2022). Studi literatur: implementasi merdeka belajar dalam meningkatkan mutu pembelajaran matematika selama pandemi. Biormatika: Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, 8(1), 110-119.
Zamroni, A. dkk. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
-
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
-
NonCommercial — You may not use the material for commercial purposes.
-
NoDerivatives — If you remix, transform, or build upon the material, you may not distribute the modified material.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.