MENINGKATKAN PRESTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI PEMBELAJARAN PAIKEM

PEMBELAJARAN AKTIF, INOVATIF, KREATIF, EFEKTIF, MENYENANGKAN

Penulis

  • sutiah maridjan Smkn 27 Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.54124/jlmp.v20i2.105

Kata Kunci:

meningkatkan prestasi pendidikan, pembelajaran PAIKEM

Abstrak

Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 27 Jakarta, pada semester genap, Tahun Pelajaran 2022/2023. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas XI Perhotelan 4, SMK Negeri 27 Jakarta. Prosedur penelitian ini meliputi beberapa tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Dari segi proses pembelajaran, tindakan dikategorikan berhasil, apabila sebagian besar proses pembelajaran, apabila sebagian besar (80%) siswa pembelajaran PAIKEM. Dari segi hasil pembelajaran apabila 80% siswa sudah mendapat nilai > 80. Berdasarkan hasil penelitian, pembelajaran PAIKEM dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Hal ini ditnjukkan dengan peningkatan angka partisipasi dalam kegiatan pembelajaran. Pada siklus I rata-rata aktivitas siswa adalah 61,58, pada siklus II meningkat menjadi 81,81. Pembelajaran PAIKEM dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan rata-rata 67,50 meningkat menjadi 73,30 setelah mendapat pembelajaran PAIKEM pada siklus I, dan meningkat lagi setelah diadakan perbaikan pembelajaran pada siklus II menjadi 80,00.

Kata kunci: Meningkatkan Prestasi Pendidikan, Pembelajaran PAIKEM.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Al-Qur'an Al-Karim

Departemen Agama RI, Al-Qur'an dan Terjemahannya, Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2006.

Departemen Agama RI, Al-Qur'an dan Terjemahannya, Surabaya: Karya Agung Surabaya, 2016.

Asmani, Marhaban, Tips Aplikasi PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Menyenangkan), Yogyakarta: Diva Press, 2013.

Depdiknas RI, Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2023, tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Biro Hukum dan Organisasi Setjen

Depdiknas RI, 2003.

Hartono, dkk, PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan ), Pekan Baru : Zanafa Publishing, 2012

Jauhar, Implementasi PAIKEM Dari Behavioristik Sampai Konstruktivistik, Malang : Prestasi Pustaka Publisher, 2014

Lie, Anita, Belajar Kelompok, Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia, 2017.

Muhammad Atiyah Al-Abrasy, Dasar-Dasar Pokok Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Bulan Bintang, 2014.

Rusman, Model-Model Pembelajaran Pengembangan Profesionalisme Guru, Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2014.

SM, Ismail, Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM, Rasail Media Grup, 2016

Zaini, Hisyam, dkk., Strategi Pembelajaran Aktif, Yogyakarta: CTSD Center for Teaching Staff Development, 2014.

Unduhan

Diterbitkan

30-12-2023

Cara Mengutip

maridjan, sutiah. “MENINGKATKAN PRESTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI PEMBELAJARAN PAIKEM: PEMBELAJARAN AKTIF, INOVATIF, KREATIF, EFEKTIF, MENYENANGKAN”. Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan 20, no. 2 (Desember 30, 2023): 77–82. Diakses Oktober 14, 2024. https://jlmp.kemdikbud.go.id/index.php/jlmp/article/view/105.