MENINGKATKAN PRESTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI PEMBELAJARAN PAIKEM
PEMBELAJARAN AKTIF, INOVATIF, KREATIF, EFEKTIF, MENYENANGKAN
DOI:
https://doi.org/10.54124/jlmp.v20i2.105Kata Kunci:
meningkatkan prestasi pendidikan, pembelajaran PAIKEMAbstrak
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 27 Jakarta, pada semester genap, Tahun Pelajaran 2022/2023. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas XI Perhotelan 4, SMK Negeri 27 Jakarta. Prosedur penelitian ini meliputi beberapa tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Dari segi proses pembelajaran, tindakan dikategorikan berhasil, apabila sebagian besar proses pembelajaran, apabila sebagian besar (80%) siswa pembelajaran PAIKEM. Dari segi hasil pembelajaran apabila 80% siswa sudah mendapat nilai > 80. Berdasarkan hasil penelitian, pembelajaran PAIKEM dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Hal ini ditnjukkan dengan peningkatan angka partisipasi dalam kegiatan pembelajaran. Pada siklus I rata-rata aktivitas siswa adalah 61,58, pada siklus II meningkat menjadi 81,81. Pembelajaran PAIKEM dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan rata-rata 67,50 meningkat menjadi 73,30 setelah mendapat pembelajaran PAIKEM pada siklus I, dan meningkat lagi setelah diadakan perbaikan pembelajaran pada siklus II menjadi 80,00.
Kata kunci: Meningkatkan Prestasi Pendidikan, Pembelajaran PAIKEM.
Unduhan
Referensi
Al-Qur'an Al-Karim
Departemen Agama RI, Al-Qur'an dan Terjemahannya, Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2006.
Departemen Agama RI, Al-Qur'an dan Terjemahannya, Surabaya: Karya Agung Surabaya, 2016.
Asmani, Marhaban, Tips Aplikasi PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Menyenangkan), Yogyakarta: Diva Press, 2013.
Depdiknas RI, Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2023, tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Biro Hukum dan Organisasi Setjen
Depdiknas RI, 2003.
Hartono, dkk, PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan ), Pekan Baru : Zanafa Publishing, 2012
Jauhar, Implementasi PAIKEM Dari Behavioristik Sampai Konstruktivistik, Malang : Prestasi Pustaka Publisher, 2014
Lie, Anita, Belajar Kelompok, Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia, 2017.
Muhammad Atiyah Al-Abrasy, Dasar-Dasar Pokok Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Bulan Bintang, 2014.
Rusman, Model-Model Pembelajaran Pengembangan Profesionalisme Guru, Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2014.
SM, Ismail, Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM, Rasail Media Grup, 2016
Zaini, Hisyam, dkk., Strategi Pembelajaran Aktif, Yogyakarta: CTSD Center for Teaching Staff Development, 2014.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
-
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
-
NonCommercial — You may not use the material for commercial purposes.
-
NoDerivatives — If you remix, transform, or build upon the material, you may not distribute the modified material.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.