IDENTIFIKASI MOTIVASI INTRINSIK DAN EKSTRINSIK SISWA DAN HUBUNGANNYA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN BIOLOGI

Penulis

  • Sri Rochani MAN 14 Kampus B Pondok Ranggon Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.54124/jlmp.v20i2.101

Kata Kunci:

motivasi intrinsik-ekstrinsik, Biologi, hasil belajar

Abstrak

Motivasi siswa menjadi salah satu faktor peningkatan hasil belajar siswa. Namun demikian, hasil pengamatan di kelas menunjukkan motivasi siswa pada mata pelajaran Biologi masih kurang. Tujuan penelitian adalah mengidentifikasi motivasi intrinsik-ekstrinsik siswa dan hubungan motivasi terhadap hasil belajar. Penelitian menggunakan metode kuantitatif deskriptif untuk mengeksplorasi motivasi siswa. Penelitian dilakukan di kelas XII MIPA-4 MAN 14 Kampus B Jakarta semester genap tahun pelajaran 2022-2023. Motivasi diidentifikasi dengan menggunakan kuesioner yang berisi 12 pertanyaan. Peserta penelitian ini berjumlah 28 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: :1) siswa memiliki kecenderungan bermotivasi intrinsik yang diukur dari aspek tantangan, keingintahuan, penguasaan, penilaian, dan kriteria Internal. Rata-rata kelima aspek tersebut di atas 2,5. 2) Siswa dengan skor di atas 2,5 atau siswa yang memiliki kecenderungan motivasi intrinsik berkorelasi lebih tinggi pada hasil belajar mata pelajaran biologi dibanding siswa-siswa yang memiliki kecenderungan motivasi ekstrinsik. Simpulan penelitian ini adalah dengan memahami kecenderungan motivasi masing-masing siswa, guru dapat mengarahkan siswa secara berbeda yang membantu pencapaian hasil belajar siswa berdasarkan karakteristik motivasi tersebut.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Anas, M. (2014). Mengenal Metode Pembelajaran. Pasuruan: CV Pustaka.

Coghlan, D., & Brydon-Miller, M. (2014). The SAGE Encyclopedia of Action Research (Volume 1). London: SAGE Publications Ltd.

Deci, E. L., & Ryan, R. M. (1985). Intrinsic Motivation and Self-Determination in Human Behavior. Retrieved from https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results

Donovan, M. S., & Bransford, J. D. (2005). How Students Learn: History, Mathematics, And Science In The Classroom. Washington D.C.: The National Academies Press.

Frost, J. (2010). Learning To Teach Science In The Secondary School. New York: Routledge.

Gagné, M., & Deci, E. L. (2005). Self-Determination Theory and Work Motivation. Journal of Organizational Behavior, 26(4), 331–362.

Harter, S. (1981). A New Self-Report Scale of Intrinsic versus Extrinsic ORIENTATION in the Classroom: Motivation and Information Components. Development Psychology, (7), 300–312.

Netick, A. (2017). Council for Exceptional Children Extrinsic and Intrinsic Motivation - Bridging the Gap Extrinsic and Intrinsic Motivation - Bridging the Gap. 3(1), 27–29.

OECD. (2019a). PISA 2018 Results (Volume II): Where All Students Can Succeed. In OECD Publishing. Paris: PISA, OECD Publishing.

OECD. (2019b). PISA 2018 Results (Volume III): What School Life Means for Students’ Lives. Paris: PISA, OECD Publishing.

OECD, & ADB. (2015). Education in Indonesia: Rising to the Challenge. Paris: OECD Publishing.

Pitzer, J., & Skinner, E. (2017). Predictors of changes in students’ motivational resilience over the school year. International Journal of Behavioral Development, 41, 15–29. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1177/0165025416642051

Pusparini, K. D. C., Suma, K., & Suswandi, I. (2020). Hubungan Motivasi Intrinsik, Persepsi Siswa, Motivasi Intrinsik dan Persepsi Siswa terhadap Pelajaran Fisika dan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas X MIPA SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 10(1), 12. https://doi.org/10.23887/jjpf.v10i1.26719

R. Nasr, A., & Asghar, S. K. (2011). Attitude towards Biology and Its Effects on Student’s Achievement. International Journal of Biology, 3(4), 100–104. https://doi.org/10.5539/ijb.v3n4p100

Ryan, R. M., & Deci, E. L. (2000). Self-Determination Theory and the Facilitation of Intrinsic Motivation, Social Development, and Well-Being. American Psychologist, 55(1), 68–78. https://doi.org/10.1037/cou0000340

Sansone, C., & Harackiewicz, J. M. (2000). Intrinsic and Extrinsic Motivation: The Search for Optimal Motivation and Performance. Retrieved from https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results

Senge, P., Cambron-Mccabe, N., Lucas, T., Smith, B., Dutton, J., & Kleiner, A. (2012). Schools That Learn: A Fifth Discipline Fieldbook for Educators, Parents, and Everyone Who Cares About Education. London: Nicholas Brealey Publishing.

Sherman, J. D., & Smith, H. L. (1984). The Influence of Organizational Structure on Intrinsic versus Extrinsic Motivation. The Academy of Management Journal, 27(4), 877–885.

The National Academy of Sciences. (2004). Engaging schools: fostering high school students’ motivation to learn. Washington D.C.: The National Academies Press.

Tušak, M., Di Corrado, D., Coco, M., Tušak, M., Žilavec, I., & Masten, R. (2022). Dynamic Interactive Model of Sport Motivation. International Journal of Environmental Research and Public Health, 19(7). https://doi.org/10.3390/ijerph19074202

Wahyuni, S. (2020). Peningkatan Motivasi Belajar Matematika Melalui Discovery Learning dengan Aplikasi Google Suite For Education. Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan, 18(2), 216–226. https://doi.org/10.36765/jp3m.v2i2.36

Wehrwein, E. A., Lujan, H. L., & DiCarlo, S. E. (2007). Gender differences in learning style preferences among undergraduate physiology students. Advances in Physiology Education, 31(2), 153–157. https://doi.org/10.1152/advan.00060.2006

Unduhan

Diterbitkan

30-12-2023

Cara Mengutip

Rochani, Sri. “IDENTIFIKASI MOTIVASI INTRINSIK DAN EKSTRINSIK SISWA DAN HUBUNGANNYA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN BIOLOGI”. Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan 20, no. 2 (Desember 30, 2023): 83–89. Diakses Desember 13, 2024. https://jlmp.kemdikbud.go.id/index.php/jlmp/article/view/101.